Kamis, 26 April 2018

MEKSIKO

TARI TOPENG BETAWI PESONA FESTIVAL BUDAYA MEKSIKO

Zeynita Gibbons

     London,19/4 (Antara) -  Poster penari Topeng Betawi dari Indonesia menjadi tema poster promosi festival budaya "Feria Internacional de las Culturas Amigas (FICA) 2018" yang merupakan festival budaya terbesar di Meksiko.
          Poster Topeng Betawi yang terpampang di Antiguo Palacio del Arzobispado lokasi acara FICA 2018, dan di tempat strategis di Mexico City sebagai  media promosi dan publikasi festival tahunan yang diadakan selama 16 hari.
           Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, Kamis mengatakan suatu kehormatan dan  penghargaan bagi Indonesia dari pihak Meksiko  saat melihat penari  Topeng Betawi  yang menjadi  tema poster promosi festival budaya terbesar di Meksiko, Feria Internacional de las Culturas Amigas (FICA) 2018.
          KBRI di Mexico City  berpartisipasi pada Festival yang diikuti 86 perwakilan negara asing  yang berlangsung sejak tanggal 14  hingga 29 April  mendatang, demikian Pensosbud KBRI Meksiko City N Bikka Mitya kepada Antara London, Kamis.
         Selama 16 hari, KBRI Mexico City bekerjasama dengan WP KBRI Mexico City dan diaspora mempromosikan aneka produk makanan dan kerajinan khas Indonesia seperti aneka pakaian dan kerajinan batik, kebaya, patung, topeng, selendang, dan asesoris lainnya yang diminati para pengunjung.
         Selain itu Indonesia juga mempromosikan kuliner seperti  Nasi Kuning, Nasi Padang, Bakso, Pisang Bolen, Kue Nagasari, Es Campur, aneka gorengan dan Kopi Luwak, serta aneka makanan kemasan seperti teh kemasan, kecap, permen, dan biskuit produksi Indonesia.
           FICA merupakan festival budaya internasional yang diadakan secara rutin Pemerintah Kota Mexico City sejak tahun 2008 bertujuan  untuk memperkenalkan budaya dan tradisi masing-masing negara sahabat yang beragam kepada sekitar 21 juta masyarakat Mexico City dan sekitarnya.    
      FICA 2018 tidak hanya dimeriahkan pameran produk mancanegara,
tapi juga berbagai pertunjukan budaya, baik seni musik dan seni tari di Panggung Utama (Foro Principal), serta beragam kegiatan pengenalan budaya, baik pelatihan tari, musik dan melukis, demonstrasi memasak, dan pemutaran film, di berbagai pusat budaya dan museum di pusat kota Mexico City. 
   Kelompok Pakoeningrat binaan KBRI Mexico City beranggotakan Diaspora Indonesia dan alumni beasiswa seni dan budaya Indonesia yaitu Darmasiswa mendapat kehormatan  membuka pertunjukan seni FICA 2018 sebagai penampil pertama.
        Kreasi rampak gendang yang diikuti oleh tarian dari Bali, Sumatera Barat, Sunda dan Betawi mendapatkan sambutan hangat dan meriah dari pengujung  memadati area Panggung Utama. Selain itu, Indonesia akan memberikan workshop dasar Tari Minang di Museo de.
    ***4***
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 19-04-2018 05:45:43

Tidak ada komentar: