Minggu, 15 April 2018

MENKO PUAN

Zeynita Gibbons

   Paris,11/4 (Antara) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengadakan acara temu masyarakat yang diadakan KBRI Paris dalam upaya menampung aspirasi warga termasuk pelajar Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Prancis, Selasa malam.
          Atase Pendidikan KBRI Paris Surya Rosa Putra kepada Antara London, Rabu mengatakan acara temu masyarakat dengan Menko Puan Maharani dipandu Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Paris, Rully F Soekarno, berlangsung meriah dengan adanya pagelaran gamelan Bali Puspawarna KBRI pimpinan Theo Merigeau menampilkan tarian Panyembrana, Legong Keraton dan tabuhan gamelan Gebyar .
        Dalam acara temu masyarakat dan gelar budaya,  Puan Maharani dan Mendikbud Muhadjir Effendy di KBRI Paris  itu dihadiri sekitar 100 orang yang terdiri atas anggota diaspora Indonesia, mahasiswa dan beberapa asosiasi masyarakat.
       Dalam acara ini,Dubes Indonesia untuk Prancis Hotmangaradja Pandjaitan  menyakaan terima kasih kepada Puan  yang telah bertemu dengan dengan warga Indonesia untuk beeramah- tamah. Dubes juga memberikan pengantar tentang kegiatan delegasi Kementerian  selama di Paris.
          Sementara itu Menko Puan Maharani menjelaskan berbagai program strategis pemerintah yang berada di bawah koordinasi Menko PMK, termasuk diantaranya tentang pelaksanaan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.
          Di luar itu, Menko menyinggung tentang program pembangunan infrastruktur, terutama di daerah perbatasan,  yang berhasil mengangkat citra Indonesia.
        Untuk masyarakat Indonesia yang ada di Prancis, Puan Maharani berpesan agar tetap menjaga persatuan, terutama dalam masa - masa Pemilu législatif dan presiden mendatang.
         Ia juga memberi kesempatan pada anggota masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pertanyaan. Beberapa pertanyaan yang disampaikan antara lain tentang rencana pemerintah untuk memberikan pinjaman atau student loan, tentang program-program pemerintah yang mendorong mahasiswa Indonesia  luar negeri untuk memberikan sumbangan atau peran nyata, serta tentang dukungan masyarakat yang membuka usaha tradisional Indonesia di Prancis.
          Sementara diantara aspirasi yang diutarakan  adalah gagasan memberdayakan sarjana untuk mengembangkan industri kreatif berbahan dasar material perdesaan. Menko Puan menjawab semua pertanyaan dengan lugas dan jelas, serta respek terhadap gagasan yang ditawarkan.
         Dalam temu masyarakat acara pagelaran gamelan Bali Puspawarna KBRI pimpinan Theo Merigeau menampilkan  pertunjukan,tarian Panyembrana, Legong Keraton dan tabuhan gamelan Gebyar yang dulu sering dikompetisikan di Bali.
        Pertunjukan dibawakan Chaterine Basset, salah seorang alumnus program Darmasiswa Kemdikbud Menko, Mendikbud dan seluruh hadirin mengapresiasi pertunjukan. Pada akhir acara, Menko Puan Maharani dan Mendikbud menyempatkan diri menyapa dan memberi selamat semua pemain.

          Acara ramah- tamah diakhiri dengan makan malam bersama. Disela-sela itu,  Menko dan Mendikbud masih menyempatkan berdialog dan menampung aspirasi mahasiswa dan anggota masyarakat.**4***
zg/b/a011
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 11-04-2018 06:51:34

Tidak ada komentar: