Sabtu, 14 Juli 2018

BERLIN

INDONESIA RAIH PENGHARGAAN "KARLSRUHE SUSTAINABLE FINANCE AWARDS"Oleh Zeynita Gibbons
   London,13/7 (Antara) - PT Sarana Multi Infastruktur (SMI) memperoleh penghargaan "Karlsruhe Sustainable Finance Awards" untuk kategori Inovasi Terbaik dalam Layanan Keuangan dari sejumlah lembaga internasional.
       Penghargaan dari Organisasi Eropa untuk Pembangunan Berkelanjutan (EOSD), Asosiasi Lembaga Pembiayaan Pembangunan di Asia dan Pasifik (ADFIAP) dan Asosiasi Lembaga Keuangan Pembangunan Afrika (AADFI) itu diterrima langsung Presiden Direktur PT. SMI, Emma Sri Martini pada acara "Karlsruhe Sustainable Finance Awards" di Karlsruhe, Jerman.
        Pensosbud KBRI Berlin, Hannah Hadi kepada Antara London, Jumat mengatakan,pemberian penghargaan tersebut disaksikan Wali Kota Karlsruhe, Frank Mentrup serta Wakil Duta Besar RI, Perry Pada yang hadir di acara tersebut mewakili Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno.
         PT SMI dinilai berhasil membuat inovasi melalui "First Loss Mechanism" (FLM), bekerja sama dengan Agence Française de Développement (AFD).
        FLM merupakan fasilitas jaminan parsial untuk proyek energi terbarukan. Nilai tanggungan yang diberikan FLM mencapai angka maksimum  2 juta dolar AS. Tanggungan ini diberikan untuk resiko kerugian pertama kegagalan proyek pada periode konstruksi atau sebelum Commercial Operation Date (COD).   
   Sebelumnya, skema FLM telah membiayai sejumlah proyek berkelanjutan di Indonesia seperti Proyek Mini Hydro di Lebong Utara & Kaur (Bengkulu).
        Selain memberikan jaminan atas resiko kegagalan proyek, FLM juga membantu peningkatan peringkat proyek dari sisi finansial.  
    Hal ini diharapkan mampu menarik minat investor dalam proyek-proyek Renewable Energy.
        PT SMI juga telah meluncurkan beberapa inovasi lain di luar FLM, di antaranya : Cost-Overrun Mechanism (COM), Interest Subsidized Loan (ISL) and Innovative Equity Mechanism (IEM).
        Indonesia perlu terus mendorong inovasi dan inisiatif semua pihak baik individu, pemerintah maupun swasta dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.   
   Menurut Hannah, keikutsertaan dan keberhasilan Indonesia pada event internasional seperti ini akan menegaskan posisi saing Indonesia di dunia internasional, yang saat ini di Jerman masih dinilai sebagai unreported and less-understood country.
         PT. SMI merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada 2009 yang sepenuhnya milik Pemerintah Indonesia di bawah Kementerian Keuangan.

        BUMN tersebut memiliki mandat untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia khususnya di bidang pendanaan. Dalam menjalankan mandatnya PT SMI menjalin kemitraan dengan kelompok swasta dan/atau lembaga keuangan bilateral dan multilateral dalam proyek Kemitraan Pemerintah-Swasta (KPS). (ZG)***3***
(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 13-07-2018 17:55:53

Tidak ada komentar: