Selasa, 31 Juli 2018

BULGARIA


INDONESIA RAIH EMAS DI KOMPETISI MATEMATIK BULGARIA

Oleh Zeynita Gibbons
   London, 29/7 (Antara) -  Bimo Adityarahman Wiraputra dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih medali emas pada kompetisi 25th International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria.
        Kompetisi yang digelar di American University in Bulgaria (AUBG) di Blagoevgrad, pada 22 - 28 Juli 2018 tersebut menurut Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia kepada Antara London, Sabtu diikuti sekitar 351 peserta dari 50 negara.
        Selain mendapat satu emas, tim delegasi Indonesia di bawah koordinasi Kemenristekdikti RI,  juga meraih satu mendali perak, atas nama Rio Fandi Dianco dari UI.
        Perolehan prestasi ditambah tiga medali perunggu untuk siswa bernama Alzimna Badril Umam dari UGM, Hopein Christofen Tang dari ITB, dan  Adryan Wiradinata dari UGM.
        Delegasi Indonesia lainnya mendapat penghargaan Honorable Mention yaitu Sie Evan Setiawan dari ITS, Laurence Petrus Wijaya dari ITB, Mochamad Zulfikar Aditya dari ITB,  Resita Sri Wahyuni dari UGM.
        Dubes RI di Sofia, Sri Astari Rasjid, menengok tim Indonesia di Blagoevgrad untuk memberi semangat agar memperoleh hasil terbaik.
        Mahasiswa Indonesia yang terpilih dikirim ke ajang ini adalah Juara Olimpiade MIPA khususnya Matematika setelah melalui jenjang olimpiade mulai dari tingkat perguruan tinggi, wilayah dan nasional.
        Kompetisi IMC di Bulgaria diperuntukkan untuk mahasiswa universitas dengan umur maksimum 23 tahun. Soal yang dikerjakan terkait Aljabar, Analisa, Geometri dan Combinatorics.

       (ZG)***4***



(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 29-07-2018 04:10:57

Tidak ada komentar: