Rabu, 11 Juli 2018

PARIS

INDONESIA IKUTI CARNAVAL TROPICAL PARISZeynita Gibbons

     London,2/7 (Antara) - Anggota Indonesian Diaspora Network France didukung KBRI di Paris dan Asosiasi Indonesia yang ada di Perancis seperti IKFI, Bona Pasogit, Puspa Warna, Sekar Jagat,  berpartisipasi dalam Carnaval Tropical de Paris.
          Delegasi Indonesia dengan berbusana tradisional dari berbagai daerah tampil pada karnaval yang mengambil tempat sepanjang jalan paling bergengsi di Paris Avenue Champs-Elysées, Minggu(1/7).
          Ketua Indonesian Diaspora Network France, Nina Hanafi kepada Antara London, Senin mengatakan Indonesia menjadi satu-satu nya negara Asia yang ikut dalam carnaval bertemakan  ¿Paris, ibukota Seni,¿ yang diikuti 36 grup, atau tidak kurang dari 2500 peserta, yang datang dari Paris dan sekitarnya,  serta negara-negara Latin, dan Karibia.
          Nina Hanafi mengatakan dengan bangga Indonesian Diaspora Network France kembali berpartisipasi dalam Carnaval Tropical de Paris yang digelar  untuk ke-17 kali nya. Grup Indonesia yang berjumlah total 120 orang  dengan mengenakan berbagai kostume juga ikut sebanyak 36 penari dari Universitas UDINUS Semarang dengan tema batik.
          Diakuinya keikutsertaan Indonesia dalam carnaval terbesar di Paris ini sepenuhnya mendapat dukungan dark KBRI Paris  dan beberapa Asosiasi dimana Indonesia menjadi satu-satu nya negara Asia di acara tersebut.
          Karnaval yang sarat akan kostum-kostum khas dari tempat asal peserta, disertai musik live yang ber asal dari gamelan Indonesia, tambur dan alat musik tabuh latin lainnya.
          Kegiatan yang berlangsung  dalam udara panas 35 derajat tidak menyurutkan niat 200 000 wisatawan mancanegara yang memadati Avenue Champs-Elysées yang dikatakan sebagai jalan paling Indah se dunia.
          Karnaval diprakarsai Walikota Paris, bekerja sama dengan Fédération Carnaval Tropical bertujuan untuk memperkenalkan budaya dunia, terutama dari grup-grup yang ada di Paris dan sekitarnya.
          Promosi budaya Indonesia di Paris dalam beberapa bulan ini adalah yang kedua setelah sukses dengan event "Indonesia: A Fascinating Journey," di Museum Louvre, Mei lalu, demikian Nina Hanafi  pemilik Restauran Indonesia Djakarta-Bali.

    ***1***






(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 02-07-2018 07:52:36

Tidak ada komentar: