Minggu, 06 Juli 2008

FESTIVAL FILM KALOVY VARY

FILM "THE PHOTOGRAPH" IKUT FESTIVAL FILM KALOVY VARY DI CEKO


London, 5/7 (ANTARA) - Film The Photograph besutan sutradara kondang Nan T. Achnas telah menarik perhatian publik peminat film di Ceko saat diputar di bioskop mini KBRI Praha, sebagai preview menjelang keikutsertaannya untuk kompetisi di Festival Film Internasional Karlovy Vary pada 4-12 Juli mendatang.


KBRI Praha memutar film yang dibintangi Lim Kam Tyong, Shanti, Lukman Sardi dan Indy Barends tersebut sebagai bagian dari upaya mempromosikan budaya Indonesia pada masyarakat Ceko, ujar Sekretaris I Pensosbudpar KBRI Praha, Ceko Azis Nurwahyudi kepada ANTARA London, Sabtu.


Film yang memotret hubungan antarmanusia dengan latar belakang perbedaan identitas, kepercayaan, ras, dan budaya di mana perbedaan itu hadir dan berinteraksi secara alami dalam keseharian kehidupan di Indonesia.


Tokoh utama film ini adalah seorang Tionghoa bernama Johan, tukang foto keliling, yang ingin memotret dirinya sendiri sebagai aksi terakhir dalam menutup kehidupannya, meskipun nyatanya foto terakhirnya malah diambil oleh Sita, penyanyi karaoke bar dan pekerja seks yang membantu Johan menjelang akhir hidupnya.


Sita, orang yang dianggap paling tidak mungkin melakukan hal itu justru kemudian menjadi orang yang terpenting dalam saat-saat terakhir kehidupan Johan.


Film The Photograph ditanggapi dengan sangat antusias oleh masyarakat Indonesia di Ceko yang merasa selalu ingin mendapat informasi mengenai perkembangan Indonesia.


Warga Ceko yang hadir pernyataan bahwa film-film seperti inilah yang dapat memperkaya batin dan hati nurani manusia yang rindu akan arti dan nilai persahabatan sejati.


Menurut Azis Nurwahyudi, merupakan suatu kebanggaan film Te Photograph ini mampu menembus kategori film yang dilombakan dalam Festival Film Internasional Karlovy Vary di Ceko tahun ini.


Film Indonesia terakhir yang memenangkan penghargaan di Festival Film Internasional Karlovy Vary adalah Film Si Pincang yang disutradarai Kotot Sunardi pada tahun 1950-an sehingga diharapkan The Photograph juga dapat mengikuti jejak Si Pincang pada festival film yang paling bergengsi di Ceko tersebut.


***8***

(U-ZG)/B/A011)

(T.H-ZG/B/A011/A011) 05-07-2008 07:04:55


Tidak ada komentar: