Kamis, 17 Juli 2008

KADIN LUBECK KERJA SAMAI DENGAN INDONESIA

KADIN LUBECK SEPAKAT TINGKATKAN KERJA SAMA EKONOMI DENGAN INDONESIA


London, 17/7 (ANTARA) - Ketua Kamar Dagang dan Industri (IHK) Lubeck, Jerman sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dengan pemerintah Indonesia.


Hal itu terungkap dalam pertemuan Ketua IHK Lubeck, Bernd Jorkisch didampingi Direktur Departemen Internasional IHK Lubeck merangkap IHK Kiel, Werner Koopman dengan Konsul Jenderal RI Hamburg, Teuku Darmawan didampingi Pelaksana Fungsi Ekonomi Chandra H. Gandasubrata.


Juru bicara Konjen Hamburg Imam Suwongso dalam keterangannya kepada koresponden Antara London, Kamis mengatakan dalam pertemuan itu dibahas upaya untuk meningkatkan jalinan kerja sama antara Indonesia dengan Schleswig Holstein, khususnya Lubeck.


Selain itu, kata Imam, juga dijajaki peluang kerja sama baru dalam upaya meningkatkan volume perdagangan kedua negara dan meningkatkan arus investasi pengusaha Lubeck ke Indonesia.

Dikatakannya sebagai tahap awal untuk merealisasikan jalinan kerjasama tersebut, IHK Lubeck sepakat memfasilitasi penyelenggaraan

temu usaha yang akan diadakan di Lubeck November mendatang.


Dalam temu usaha tersebut, KJRI Hamburg diharapkan dapat menyampaikan informasi aktual mengenai persyaratan tentang investasi dan peluang kerjasama yang ada.


Selain itu juga untuk mengetahui produk-produk dan komoditas

unggulan yang dapat diekspor ke Lubeck dan kerja sama di bidang lainnya yang diharapkan akan dapat mendorong pengusaha Lubeck meningkatkan bisnisnya ke Indonesia.

Dalam pertemuan antara IHK dan KJRI Hamburg juga disepakati untuk meningkatkan jalinan hubungan antara IHK Lubeck dengan pengusaha setempat dan KJRI Hamburg khususnya pengusaha Indonesia yang berada di wilayah kerja KJRI.


Dalam kesempatan itu Konjen RI Hamburg menyampaikan berbagai peluang bisnis baik dalam perdagangan komoditas ekspor maupun investasi.


Indonesia selama ini telah membuktikan kemampuannya dalam bidang politik dan ekonomi, terbukti dengan keikutsertaannya sebagai negara berkembang pada sidang G-8 di Hokkaido, Jepang. Selain itu Indonesia menjadi tempat penyelenggaraan berbagai konferensi internasional, ujarnya.


Konjen RI mendapat tanggapan positif dari Ketua IHK Lubeck Bernd Jorkisch, yang selain Ketua IHK juga menjabat direktur perusahaan Jorkisch di Lubeck yang selama ini menjalin hubungan bisnis dengan pengusaha Indonesia di bidang impor mebel.


Selain mengimpor mebel, Bernd Jorksich menyatakan keinginanya untuk mengembangkan bisnisnya di bidang komoditas lainnya.

Lubeck merupakan kota terbesar kedua di Schleswig Holstein dengan jumlah penduduk sekitar 213.983 orang.


Pelabuhan lautnya merupakan salah satu terbesar di Jerman dan terbesar di Laut Baltik yang menghubungkan Jerman dengan negara-negara Skandinavia, Rusia dan Baltik, sementara jalan raya Lubeck menghubungkan lalu lintas Hamburg ke Denmark.


Menurut Imam Suwongso, Lubeck terkenal dengan industri coklat Marzipan dan industri kerajinan tangan.


Lubeck menjalin kerjasama kota kembar dengan berbagai kota di dunia diantaranya kota Kotka, Finlandia, Venesia, Italia, Wisma, Jerman, La Rochelle, Perancis, Klaipeda, Lituania, Kawasaki, Jepang, Bergen, Norwegia, Visby, Swedia dan Shaoxing, China.


***2***

(U-ZG)

(T.H-ZG/B/A023/A023) 17-07-2008 09:03:40

Tidak ada komentar: