Rabu, 23 Juli 2008

TIM INDONESIA IKUTI OLIMPIADE MATEMATIKA

TIM INDONESIA RAIH MEDALI DI INTERNASIONAL OLIMPIADE MATEMATIKA


London, 23/7 (ANTARA) - Tim Olimpiade Matematika Indonesia meraih medali perak, dan dua perunggu serta dua penghargaan "honorable mention" pada International Mathematics Olympiad (IMO 2008) yang berlangsung di Madrid dari tanggal 10 hingga 22 Juli.


Pelajar Indonesia yang kembali menggoreskan prestasi pada kejuaraan Internasional Olimpiade Matematika adalah Andres Dwi Maryanto dari SMAK Kolose St. Yusuf Malang yang meraih medali perak, kata Allen Simarmata, Pelaksana Pensosbud KBRI Madrid, kepada ANTARA London, Rabu.


Dikatakan, selain itu tim olimpiade Indonesia juga mempersembahkan dua medali perunggu masing-masing oleh Aldrian Olbaja dari SMAK 1 BPK Bandung dan Fahmy Fuady dari SMA Pribadi Bandung.


Selain itu Indonesia juga memperoleh dua penghargaan honourable mention yang diterima Joseph Andreas dari SMAK BPK Penabur Jakarta dan Saadah Sajana Carita dari SMA Semesta Semarang.


Menurut Allen Simarmata, prestasi yang diraih Tim Olimpiade Matematika dari Indonesia lebih baik dari kejuaraan Internasional Olimpiade Matematika tahun lalu di Hanoi-Vietnam, dimana Indonesia meraih satu medali perak dan empat penghargaan honourable mention.


Dikatakannya dengan prestasi yang diraih pelajar Indonesia pada IMO 2008 ini ranking Indonesia di tingkat olimpiade Matematika keseluruhan naik, dari posisi ranking 52 menjadi ranking ke 36 dunia.


Kejuaraan Internasional Olimpiade tahun 2008 yang diselenggarakan di Madrid diikuti 535 peserta dari 97 negara, termasuk enam peserta dari Indonesia, memperebutkan 47 medali emas, 100 medali perak, 120 medali perunggu dan 103 penghargaan honorable mention.


Ranking terbaik pada IMO 2008 diraih China dengan nilai 217 dengan lima medali emas, satu perak. Tempat kedua diraih Rusia dengan nilai 199, dengan medali enam emas. Sedangkan ranking ketiga diraih Amerika Serikat dengan nilai 190 dan memperoleh empat medali emas dan dua perak.


Dubes Slamet S Musatafa


Duta Besar RI di Madrid Slamet S. Mustafa secara khusus mengundang Tim Olimpiade Matematika Indonesia berkunjung ke KBRI Madrid yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.


Dalam pertemuan itu Dubes Slamet S Mustafa selain penyampaian ucapan selamat atas prestasi yang diraih dubes kembali menggugah semangat para pelajar untuk lebih bergiat lagi dalam mencapai prestasi yang lebih baik di kejuaraan Internasional Olimpiade Matematika 2009 yang akan diadakan di Bremen, Jerman.


Tim Olimpiade Matematika Indonesia pada Kejuaran Internasional Olimpiade Matematika 2008 yang diadakan di Madrid, dipimpin Dr. Hery Susanto, Dosen Fakultas FMIPA Universitas Negeri Malang dan tiga pendamping Dr. Budi Surojo, Dosen Fakultas MIPA UGM, Dr. Yudi Satria, dosen Fakultas MIPA UI dan Nugroho Kristianto dari Yayasan SMAK BPK Penabur Jakarta.


Keenam pelajar yang mengikuti pertandingan adalah Andres Dwi Maryanto dari SMAK Kolose St. Yusuf Malang, Aldrian Olbaja dari SMAK 1 BPK dan Fahmy Fuady, SMA Pribadi dari Bandung, Joseph Andreas dari SMAK BPK Penabur Jakarta, Saadah Sajana Carita dari SMA Semesta Semarang dan Satria Stanza Pramayoga dari SMAN 1 Trenggalek.
***4***(T.H-ZG/B/A026/B/A026) 24-07-2008 01:13:02


Tidak ada komentar: