Kamis, 04 Desember 2008

DUBES HAMID AWALUDDIN

DUBES HAMID AWALUDDIN AKAN UNDANG REKTOR

London, 4/12 (ANTARA) - Dubes RI di Moskow Hamid Awaluddin akan mengundang beberapa rektor universitas terkemuka dari Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan pihak Universitas St Petersburg Rusia.

"Indonesia dapat mengirim dosen untuk belajar pada program master dan doktor sedangkan dari Universitas Petersburg mengirim mahasiswanya secara periodik enam bulan ke Indonesia," kata Konselor KBRI di Moskow M Aji Surya kepada koresponden Antara di London, Kamis.

Aji menjelaskan hasil pertemuan antara Dubes Hamid dan Dekan Fakultas Ketimuran Universitas Negeri St Petersburg Dr Evgeniy I Zelenev tentang kerja sama antaruniversitas kedua negara.

"Dengan adanya otonomi universitas di kedua negara maka kerja ama semakin mudah dilaksanakan," ujar Dubes sebagaimana disampaikan Aji.

Dalam pertemuan itu Zelenev mengusulkan program pertukaran mahasiswa apalagi pada tahun depan Universitas St Petersburg akan menerima mahasiswa Jurusan Indonesia lebih banyak.
Sejauh ini universitas itu baru menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia.

Aji mengatakan, langkah pertama yang akan diambil Dubes Hamid adalah mengundang beberapa rektor universitas terkemuka di Indonesia ke Rusia untuk langsung membicarakan rencana kerja sama tersebut.

Dalam pertemuan itu, Dubes juga menawarkan program beasiswa "Dharmasiswa" bagi mahasiswa Rusia.

"Bagi mereka yang tertarik terhadap bahasa dan budaya Indonesia dapat mengajukan aplikasi ke KBRI dan bila lolos dapat belajar di salah satu universitas Indonesia selama setengah tahun atau satu tahun," katanya.
Dubes juga menyetujui keinginan pihak Universitas St. Petersburg mengadakan Festival Film Indonesia di kampus-kampus Rusia pada tahun 2009.

Kunjungan Dubes ke universitas itu juga untuk memberi kuliah umum bertema "Demokrasi Indonesia Masa Kini" yang dihadiri lebih dari 70 mahasiswa dan dosen dari berbagai universitas di negeri "Beruang Merah" itu.

Acara itu diakhiri "Indonesian Night" yang menampilkan aneka tarian tradisional dan masakan nusantara.***4***
(T.H-ZG)

(T.H-ZG/B/B009/B009) 05-12-2008 01:35:19

Tidak ada komentar: