Jumat, 12 Desember 2008

PECANDU SEPAKBOLA INDONESIA

PECANDU SEPAKBOLA INDONESIA PILIH GERRARD DAN RONALDO

Oleh Zeynita Gibbons

Para pengemar sepakbola di Indonesia memilih pemain tengah Liverpool, Inggris, Steven Gerrard, sebagai pemain favorit "Barclays Premier League" dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik dunia saat ini.

Orang Indonesia rata-rata menghabiskan lebih dari lima jam per minggu untuk mengikuti pertandingan sepakbola dan stasiun televisi yang merupakan media paling disukai untuk mengikuti pertandingan siaran langsung.

Hal itu diungkapkan Kevin Wall dari Barclays yang mengadakan jajak pendapat mengenai Barclays Global Fans Report yang memperoleh respon cukup fantastis dari lebih 32.000 penggemar di 185 negara atau 90 persen dari seluruh negara di dunia termasuk dari Indonesia.

Jajak pendapat yang dilakukan melalui saluran media internasional kepada penggemar sepakbola yang hasilnya dikompilasi TNS Media Intelligence, penggemar di Indonesia memilih klub sepakbola Liverpool sebagai klub favorit meraih juara diikuti Manchester United, Chelsea dan Arsenal.

Berdasarkan laporan Barclays 2008 Global Fans Report, penggemar sepakbola di Indonesia saat ini juga sangat menyukai menyaksikan kejuaraan liga, melalaui perangkat multimedia dan internet.

Menurut laporan penggemar di Indonesia umumnya senang tinggal di rumah untuk menyaksikan pertandingan Barclays Premier League bersama teman-teman dan keluarga.

Berbeda dengan kebiasaan masyarakat Inggris yang lebih senang menyaksikan pertandingan sepakbola di kedai-kedai minuman yang banyak tersebar yang menayangkan pertandingan sepakbola secara live.

Penggemar di Indonesia yakin Inggris menjadi juara dalam FIFA World Cup 2010, diikuti Spanyol dan Argentina, selain itu menyebutkan Brazil menghasilkan pemain-pemain sepak bola terbaik, diikuti pemenang Euro 2008, Spanyol.


David Beckham
Sejak kepindahannya ke Amerika, menurt laporan itu, David Beckham ternyata kurang begitu populer, bahkan kalah populer dengan Fernando Torres.

Gerrard juga menjadi pemain favorit sepanjang masa, mengalahkan dua mantan pemain Manchester United legendaris Eric Cantona dan David Beckham.
Barclays, sponsor resmi utama Premier League dalam laporannya mengungkapkan, menurut penggemar sepak bola Indonesia pada umumnya, gaya sepak bola dan pemain merupakan dua hal yang paling menarik dari pertandingan liga Inggris tersebut.

Para penggemar di Indonesia memilih Sir Alex Ferguson sebagai manajer Barclays Premier League favorit, diikuti secara ketat manajer Liverpool Rafael Benitez.

Sementara Liverpool sebagai klub Barclays Premier League paling populer di Indonesia yang mengalahkan Manchester United. Sedangkan lapangan Anfield menjadi stadion favorit mereka di Barclays Premier League.

Pelatih nasional Rusia, Guus Hiddink, sebagai manajer yang paling mereka harapkan kahadirannya di Barclays Premier League, sedangkan pemain sayap Barcelona, Lionel Messi, sebagai pemain yang paling diharapkan kehadirannya.
Di seluruh dunia, sepak bola merupakan topik pembicaraan paling populer dibandingkan dengan cabang-cabang olahraga lain secara gabungan, dan empat kali lebih populer dari topik politik.

Sepak bola merupakan kekuatan penyatu yang luar biasa dan hal ini membuktikan bahwa sepak bola memang merupakan olah raga dunia, dan Barclays Premier League adalah kompetisi favoritnya.

Pemain sepak bola dari klub Manchester United dan Korea Selatan, Ji-Sung Park, mengatakan ia bermain di Barclays Premier League selama dua tahun dan memiliki banyak penggemar.

"Senang sekali melihat banyak para penggemar sepak bola dari Asia mengikuti jalannya liga ini dan klub saya tentunya," ujarnya.

Menurut jajak pendapat itu masyakarat Indonesia menilai sepakbola merupakan kegiatan kedua terpenting dalam kehidupan setelah masalah keluarga.

Analisis ini dilakukan sebagai bagian dari riset berkelanjutan yang dilakukan oleh Barclays, sponsor utama Barclays Premier League, guna lebih memahami sikap dan gaya hidup penggemar sepak bola di seluruh dunia, ujar Rebecca Drury.

Dikatakannya Barclays Premier League ditonton oleh sekitar 600 juta rumah di 203 negara di seluruh dunia, menjangkau pamirsa global yang mencapai 4,77 milyar.

Saat ini terdapat 290 pemain asing yang bermain di Barclays Premier League. Para pemain dari 86 negara ikut serta dalam pertandingan sejak liga ini dimulai.

Barclays Group hingga saat ini mensponsori delapan musim pertandingan Barclays Premier League dan kontrak sponsor terbaru akan berlaku hingga Mei 2010.

Barclays lembaga keuangan global yang memberikan pelayanan perbankan ritel dan komersial dan menajemen kekayaan dan layanan manajemen investasi yang hadir di Eropa, AS, Afrika dan Asia.

Menurut hasil survai penggemar Barclays Premier League di Indonesia juga mengikuti UEFA Champions League Serie A dan La Liga yang sangat digemari adalah gaya sepak bola, pemain, atmosfir/antusiasme penggemar dan kemampuan bersaing.

Sebanyak 99 persen responden Indonesia penggemar Barclays Premier League dan tidak akan mengubah dukungan kepada tim yang mereka gemari dan gaya pemain menjadi pendorong utama dalam memberikan dukungan terhadap tim selain sejarah keberhasilan klub.

(T.H-ZG/B/T010/T010) 12-12-2008 11:05:45

Tidak ada komentar: