Selasa, 27 September 2016

MADRID

KBRI MADRID GELAR MALAM BUDAYA "FOLKLORE" INDONESIA
     Zeynita Gibbons


      London, 21/9 (Antara) - KBRI Madrid mengelar Malam Budaya Folklore Indonesia "Espectaculo de culturals, bailes y cantos folclóricos de Indonesia" dalam rangkaian puncak peringatan HUT RI ke-71 yang diadakan di gedung Teater Rialto, Madrid.
          Malam budaya Indonesia dihadiri sekitar 1.200 undangan termasuk Sekjen Organisasi Turisme Dunia PBB Thaleb Rifai, Dubes negara sahabat, pejabat tinggi Pemerintah Spanyol, Kepala Staf Angkatan Bersenjata, anggota Parlemen, pengusaha, media, agen perjalanan, akademisi dan alumi serta diaspora Indonesia, demikian keterangan KBRI Madrid kepada Antara London, Rabu.
          Mengawali acara, Dubes RI di Madrid Yuli Mumpuni Widarso  menyampaikan acara tersebut merupakan puncak kegiatan perayaan HUT RI ke-71 di Madrid, untuk lebih mendekatkan Indonesia kepada para sahabat Indonesia di Madrid.   
      Disampaikan pula pada usia Indonesia ke-71 ini, hubungan RI-Spanyol memasuki usia ke-57 tahun, di mana kedua negara menjalin lebih dari 50 tahun hubungan persahabatan dalam beragam bidang kerja sama, mulai dari investasi hingga olahraga.

           Panggung Malam Budaya Folklore Indonesia tersebut megah dan meriah, diawali penampilan Rampak Kendang oleh Tim Kesenian KBRI Madrid, dilanjutkan aneka tari daerah seperti Lenggang Kipas, Zapin, Marbona Taon, Naikonos dan Mitreka Bawana dari Sanggar Tari Artina Productions, dan tari Indang dan Gregek Persi.
        Penampilan Paduan Suara Timutiwa dengan konduktor Donny memukau  hadirin, menampilkan lagu daerah seperti Janger, Sigulempong, Rambadia, Walangkekek, Burung Kakak Tua, Naik Delman.
        Tampil pula penyanyi solo mempersembahkan Keroncong Bandar Jakarta dan "Alusiau" serta lagu popular Spanyol "Granada".
          Seluruh rangkaian acara ditutup dengan menampilkan lagu popular Spanyol "Viva España" yang menggetarkan gedung karena para tamu ikut menyanyikan lagu patriotik tersebut dengan penuh semangat.
          Kepada para tamu juga disampaikan suvenir berisi brosur Trade Expo Indonesia 2016, Indo-Defense Expo 2016, CD Wonderful Indonesia, map turisme Indonesia dan cindera mata Indonesia.
          Di akhir acara, para undangan menyatakan kekaguman terhadap kemeriahan dan keindahan seluruh rangkaian pertunjukan, baik tari maupun nyanyi daerah yang dikemas dengan dinamis dan menghibur. 
     Acara Malam Budaya didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Sanggar Tari Artina Productions Jakarta pimpinan Ibu Haryati Abelam Yunanto, Tim Paduan Suara Timutiwa pimpinan Ibu Sri Kuntari Sapta Nirwandar, Bank Mandiri-Jakarta, perusahaan Spanyol Bilbao Trading dan Etxegana Hotel & Spa, hotel di Bilbao yang seluruh furnitur dan dekorasinya menggunakan ukiran tradisional, lampu dan kaca hias dari Bali, Jepara dan Cirebon.(ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/A. Novarina/A. Novarina) 21-09-2016 22:07:50

Tidak ada komentar: