Selasa, 27 September 2016

QATAR

DUBES PUJI PERAN WARGA ACEH DI QATAR
     Zeynita Gibbons 
    London,18/9 (Antara) -  Dubes RI untuk Qatar Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi memuji keberadaan warga Aceh yang berada di negara tersebut.

         Itu dikatakan Dubes RI saat menerima pengurus organisasi kemasyarakatan Masyarakat Serambi Mekah di Qatar (Masmeqar) yang diketuai Rahmatullah di Wisma Duta, Doha, Qatar, demikian Minister Counsellor KBRI Doha, B. Dharmawan,  kepada Antara London, Minggu.

         Potensi ekonomi dan peluang tenaga kerja Indonesia di Qatar menjadi topik pembahasan dalam pertemuan itu. Pertemuan juga  dihadiri Penasehat dan tokoh senior Masyarakat Aceh di Qatar, Teuku Anwar dan Mahdi Musa, 
    Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan bersahabat, Rahmatullah menyampaikan susunan pengurus baru  Masmeqar yang memiliki sekitar 300 anggota yang umumnya bekerja di berbagai sektor industri, dan perdagangan khususnya sektor minyak dan gas.

         Masmeqar merupakan organisasi masyarakat Indonesia  pertama yang dibentuk di Qatar dan sekarang menjelma menjadi 51 ormas yang diwadahi Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) dipimpin Edwin Kurniawan.
         Dalam kesempatan itu, Dubes Basri mengapresiasi peran dan kontribusi warga Aceh. "Kontribusi dan perjuangan Masmeqar sebagai pionir TKI di Qatar sepatut diteladani,"  ujar mantan anggota DPR ini  mengingat Masmeqar yang merupakan cikal bakal tenaga kerja ahli di Qatar.

         Anggota Masmeqar umumnya adalah pindahan dari karyawan PT Arun NGL, Co, PT Pupuk ASEAN, dan Exxon Mobil yang di Aceh. Mereka dikenal dengan komunitas Diaspora Indonesia yang sudah memasuki generasi kedua yang bermukim di Qatar.   
     Mantan Irjen TNI menyampaikan harapannya agar organisasi masyarakat Indonesia lainnya dapat mencontoh Masmeqar yang merupakan pionir TKI di sektor migas Qatar.

          "Perlu peningkatan sinergi antara KBRI Doha dan Masmeqar agar dapat meningkatkan jumlah TKI di sektor minyak dan gas serta dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi nusa dan bangsa," ujar Mantan Dan Sesko TNI ini.
          Beberapa anggota Masmeqar merupakan pengusaha yang sukses di Qatar yang bergerak di bidang perdagangan khususnya retail dan kuliner. Salah satu diantaranya adalah Mahdi Musa yang memiliki swalayan Qatindo, Source of Fortune dan pemasok pada Hypermarket Careefour.
          Selain merangkap sebagai pengusaha properti, Mahdi Musa juga merupakan tokoh diaspora Indonesia dan Ketua Permiqa pertama. "Perlu kesabaran, fighting spirit dan jaringan dalam berbisnis di Qatar," ungkap pengusaha yang telah bermukim lebih 20 tahun di Qatar ketika ditanya rahasia keberhasilannya dalam melakukan usaha.
          Sementara itu, tokoh Diaspora, Said Malawi mengharapkan adanya peningkatan kerjasama dan koordinasi agar peluang tenaga kerja di sektor migas dapat dimanfaatkan dengan maksimal.
         Pegawai Qatar Gas yang telah bermukim 20 tahun di Qatar menyampaikan usulannya agar kontribusi Masmeqar dapat meningkatkan  jumlah TKI dari sekitar 40 ribu WNI saat ini.

         Pengurus Masmeqar  juga menyampaikan saran dan rekomendasinya guna mendukung misi KBRI Doha khususnya ekspansi tenaga kerja trampil Indonesia di Qatar.     
     Menurut Said Malawi, sebagian besar anggota Masmeqar bermukim di kompleks Al-Khor Community (AKC) dan daerah lainnya seperti di Doha, Al Dakhira, Al Wakrah, Messaid dan Dukhan. Diperkirakan sekitar 1500 jiwa WNI tinggal di perumahan AKC dan merupakan komunitas diaspora Indonesia terbesar di dunia.

          Dalam kesempatan itu, Rahmatullah juga melaporkan capaian yang dilakukan Masmeqar selama ini. ¿Kami turut berperan dalam membangun Aceh antara lain pendirian rumah Quran di Aceh dan kegiatan sosial lainnya yang bermafaat bagi masyarakat Aceh,¿ ujar Rahmatullah yang menjabat sejak awal 2016.

          Menurut Minister Counsellor KBRI Doha, B. Dharmawan, Masmeqar yang resmi dibentuk 7 Maret 2008 terlibat aktif mendukung diplomasi ekonomi dan budaya dalam berbagai kegiatan ekonomi dan sosial budaya tidak hanya bagi kepentingan masyarakat Indonesia tetapi juga berbagai event internasional di Qatar.(ZG)****4****

(T.H-ZG/B/H. Zainudin/H. Zainudin) 18-09-2016 07:41:01

Tidak ada komentar: