Kamis, 15 September 2016

NEW YORK

SEMANGAT NUSANTARA BERGEMA DI NEW YORK 
     Zeynita Gibbons

      London,11/9 (Antara) - Masyarakat New York  mengapresiasi  dan melontarkan decak kagum atas pertunjukan tari oleh kelompok tari binaan KJRI New York Saung Budaya yang digelar dalam rangka HUT  ke-10 dan mengangkat tema "Gong: Spirits of Archipelago" di Riverside Theater, New York,  pada 9 dan 10 September. 
     Pertunjukan yang berdurasi 2.5 jam dalam dua hari selalu penuh diisi penonton yang kebanyakan warga lokal New York, demikian Acting Konjen RI New York Benny YP Siahaan kepada Antara London, Minggu.
          Sebanyak 10 tarian dari berbagai provinsi dan pulau di Nusantara dibawakan dengan spektakuler oleh penari Saung Budaya antara lain tari Nihau Tintu dari Kalimantan, tari Indang dan Amban Puruak dari Sumatra Barat, dan tari Marsipature Hutanabe dari Sumatra Utara.
        Selain itu ditampilkan juga tari Gending Sriwijaya dari Sumatra Selatan, tari Pakarena dari Sulawesi Selatan, tari Zapin Riau, tari Bajidot Kahot dari Jawa Barat, tari Yosim Pancar dari Papua, serta tari Kembang Latar dari Betawi.
         Penonton hanyut dalam pagelaran yang  memancing emosi dan perhatian, sehingga mereka tetap berada ditempat  hingga akhir acara. Mereka pun tergelak pada penampilan tari Tembang Latar dari tanah Betawi yang lucu dan genit yang menggambarkan sikap remaja putri Betawi.
          Penonton pun dibuat terkesima dengan penampilan megah dan anggun  tari Gending Sriwijaya yang menggambarkan kemegahan masa kerajaan Sriwijaya. Mereka pun tersenyum dan bahkan tertawa mengisi ruangan pada saat tari Yosim Pancar dari Papua  secara jenaka menceritakan kehidupan suku Papua berburu babi di hutan.
          Diperkuat oleh 25 penari, pagelaran tari ini juga didukung oleh seniman yang diundang khusus dari Indonesia ke New York  membantu suksesnya acara  seperti Supriadi Arsyad, seorang Artistic Director dan choreographer, serta Music Director Victor Zebua.
         Benny YP Siahaan bersama Dubes RI untuk PBB Dian Triansyah Djani  didampingi isteri  memberi dukungan kepada Saung Budaya yang merupakan kelompok tari Tradisional Indonesia yang cukup ternama di Kota New York.
         Sejak didirikan 10 tahun lalu, Saung Budaya tampil di berbagai panggung bergengsi di kota New York membawakan tarian tradisional Indonesia seperti di Lincoln Centre, American Museum of National History, New York Times Travel Show, Children Museum of Manhattan, NY Marathon, New York Indonesian Street Festival dan lainnya.
             Direktur dan pendiri Saung Budaya Amalia Suryani menyampaikan  penghargaan dan terima kasih kepada pihak yang membantu Saung Budaya selama ini, terutama kepada KJRI New York yang memberikan dukungan kepada Saung Budaya selama 10 tahun terakhir serta pihak lainnya termasuk Perutusan Tetap RI pada PBB. ***4***
ZG
(T.H-ZG/B/F. Assegaf/F. Assegaf) 11-09-2016 11:51:40


Tidak ada komentar: