Jumat, 30 September 2016

SLOWAKIA

KEINDAHAN BALI DALAM KARYA PHOTO DI SLOWAKIA
     Zeynita Gibbons

     London, 30/9 (Antara) - Keindahan dan keramahan khas Bali dengan atmosfir kehidupan para skaters yang identik dengan kota California di Amerika Serikat menarik perhatian fotographer profesional dari Slowakia, Dorota Holubová.
          Dorota  yang menyelenggarakan pameran foto bertema "Balifornia" di Fuga Gallery, Centrum, Bratislava, 28 September hingga 8 Oktober mendatang.
           Tidak kurang 150 undangan  sebagian besar seniman, hadir pada pembukaan pameran gabungan budaya timur dan barat yang didukung KBRI di Bratislava,  Slowakia, kata Fungsi Pensosbud KBRI Bratislava, Dhanny Perkasa kepada Antara London, Jumat.
           Melalui pameran foto-fotonya, Dorota berhasil menampilkan sebuah bar Pretty Poison di daerah Canggu, Bali, sebagai alternatif tempat wisata di Bali dimana wisatawan asing berbaur akrab dengan komunitas lokal, melampaui batas budaya dan bahasa.   
      Dari foto-fotonya, kini Bali menjadi tidak hanya lekat dengan gambaran pulau tropis, tarian dan upacara tradisional, pantai dan surfing, pegunungan, tetapi juga sisi menarik adanya komunitas skaterboarding Bali.

            Dubes RI untuk Republik Slowakia, Djumantoro Purbo, menyebutkan photo Dorota menyuguhkan image lain tentang Bali dan Indonesia itu menjadi  promosi Indonesia di Slowakia.
            Dorota berhasil menyajikan essence of photography, demikian komentar Buce Buwantoro,fotographer profesional Indonesia. 
       Dorota menemukan ide beberapa proyek foto di Bali yang merupakan proyek kedua Dorota yang menyelenggarakan pameran pertama di Bali. Tema mengenai manusia dan kehidupan menjadi obyek utama karya Dorota, seperti yang tercermin pada proyek ¿Balifornia¿. Dorota Holubová menampilkan 50 karya fotonya selama pameran, yang diambil saat berada dua bulan Bali.

    ***1**
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 30-09-2016 05:50:24

Tidak ada komentar: