Kamis, 20 April 2017

BRUSEL

UNIVERSITAS GHENT SIAP TINGKATKAN KERJASAMA DENGAN INDONESIA  
     Zeynita Gibbons

    London, 20/4 (Antara) - Rektor Universitas Ghent (UGent), Anne De Pape, dalam pertemuan dengan Duta Besar RI untuk Belgia, Yuri Thamrin mengatakan Universitas Ghent, di Ghent, Belgia siap meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.
          Hal itu disampaikan dalam pertemuan antara Dubes Yuri Thamrin dan Rektor UGent yang dilakukan dalam rangka mengevaluasi kerja sama UGent dengan lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dan membahas berbagai potensi kerja sama lainnya di masa datang, demikian pejabat Pensosbud KBRI Brussel, Ignatius Priambodo kepada Antara London, Kamis.
         Dubes menyampaikan UGent merupakan salah satu universitas favorit bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin studi di Belgia dan umumnya mahasiswa Indonesia mengambil program doktoral dan magister di jurusan unggulan seperti engineering, bio-engineering, kedokteran, pertanian dan lainnya.
        Ia juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik selama ini dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dan diharapkan agar kerja sama ini dapat terus ditingkatkan. Untuk itu ia mendorong UGent untuk meningkatkan profilnya di kalangan mahasiswa di Indonesia, agar dapat menjadi tujuan pendidikan tinggi dari tingkat sarjana hingga doktoral.
        Selain itu, ia mengharapkan agar civitas academica UGent dapat semakin mengenal Indonesia.        
   Disampaikan bahwa Festival Europalia Indonesia 2017, merupakan pagelaran seni budaya terbesar di Eropa yang akan berlangsung di Belgia dan beberapa negara Eropa lainnya dari Oktober 2017 hingga Januari 2018. Kegiatan tersebut menjadi kesempatan yang baik bagi warga UGent untuk mengenal lebih baik Indonesia.
        Beberapa pagelaran seni budaya juga akan berlangsung di Ghent, dan untuk itu diharapkan Rektor UGent dapat mempromosikan Festival. Selain itu Dubes mengusulkan dibentuknya Asosiasi Alumni UGhent Indonesia (Indonesian alumni association UGent), untuk mewadahi alumni UGent asal Indonesia.

        Saat ini terdapat 113 mahasiswa Indonesia di Belgia, dan yang   43 orang menempuh studi di UGent. Berdasarkan berbagai sistem ranking universitas dunia, UGent selalu masuk dalam top 100 dan beberapa program studi unggulannya juga masuk dalam top 100. (ZG)***4***

(T.H-ZG/C/M. Dian A/M. Dian A) 20-04-2017 08:29:06

Tidak ada komentar: