Selasa, 11 April 2017

LONDON

PROMOSI INVESTASI DAN PERDAGANGAN DI EROPA BESINERGI
     Zeynita Gibbons

       London,8/4 (Antara) - KBRI London bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di London dan Indonesia Invesment Promotion Center (IIPC) London mengadakan  rapat koordinasi pejabat fungsi ekonomi Perwakilan Indonesia di Eropa dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global.
          Rapat Koordinasi diikuti Pejabat Ekonomi seluruh Perwakilan RI di kawasan Eropa yang dilaksanakan di London selama dua hari dari tanggal 5 dan 6 April lalu, dibuka dengan paparan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa (Dirjen Amerop) Kementerian Luar Negeri, Muhammad Anshor, demikian Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI London, Dethi Silvidah Gani kepada Antara London, Jumat.
          Dirjen Amerop mencatat pentingnya institutional support guna mendukung pelaksanaan misi diplomasi ekonomi Perwakilan RI. Ia juga  menekankan pentingnya jejaring kerja dan komunikasi antara pejabat fungsi ekonomi di perwakilan RI yang nantinya diarahkan agar secara strategis dapat membantu meningkatkan kinerja Perwakilan RI sebagai ujung tombak dari diplomasi ekonomi Indonesia.
          Dubes  RI untuk London, Dr. Rizal Sukma menyampaikan diplomasi ekonomi merupakan fokus utama politik luar negeri pemerintah RI saat ini. Guna mengambil keuntungan dari kondisi makro ekonomi global, dan khususnya di Eropa, Dubes menyampaikan pentingnya sinergi seluruh Perwakilan RI di Eropa, terutama dalam merancang dan mengeksekusi strategi promosi investasi dan perdagangan terpadu di kawasan Eropa.
           Dia menekankan perlunya Blue Print Diplomasi Ekonomi sesuai dengan prioritas nasional RI. Belajar dari pengalaman menjalankan diplomasi ekonomi di Inggris, Dubes menyampaikan perlunya tiga hal dalam menjalankan diplomasi ekonomi yaitu bagaimana meningkatkan ekspor Indonesia ke negara-negara Eropa, meningkatkan minat investor untuk berinvestasi di Indonesia serta pentingnya pemetaan instrumen dan mode pembiayaan yang tersedia di Eropa dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi Indonesia
       Sementara itu  pejabat Fungsi Ekonomi KBRI London Vitto R. Tahar mengemukakan upaya sinergi dan koordinasi saat ini sangat tepat tidak saja antara fungsi ekonomi perwakilan RI tetapi juga dengan stakeholders utama seperti Perwakilan BI, BKPM dan Kemendag di luar negeri. Dikatakan kebutuhan untuk membentuk suatu forum koordinasi dan komunikasi di antara pejabat fungsi ekonomi dan perdagangan di kawasan Eropa dirasakan perlu mengingat perekonomian kawasan Eropa  terintegrasi terutama di bawah payung Uni Eropa.
    (T.H-ZG/B/O. Tamindael/O. Tamindael) 08-04-2017 09:03:34


Tidak ada komentar: