Senin, 04 Februari 2019

FRANKFURT


KJRI FRANKFURT GENCAR PROMOSI BISNIS DI JERMAN
Zeynita Gibbons

London, 2/2 (Antara) - KJRI Frankfurt melakukan promosi dan memperkenalkan peluang bisnis di Indonesia kepada para pelaku usaha Jerman dalam rangka meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara, di kota Nürnberg, Bavaria, Jerman.

Konsul Muda KJRI Frankfurt, Dimas Wisudawan kepada Antara London, Sabtu menyebutkan Bavaria dipilih sebagai tempat promosi karena merupakan negara bagian dengan ekonomi terbesar kedua di Jerman dan merupakan salah satu pusat industri teknologi maju.

Dalam sambutannya Konjen RI di Frankfurt Toferry Primanda Soetikno menyampaikan perkembangan ekonomi Indonesia terkini, terutama terkait fasilitas "tax holiday" bagi investor asing dan "one single submission" untuk memperlancar proses perizinan.

Konjen RI mendorong pelaku usaha yang hadir untuk melihat peluang baru di Indonesia, sementara terdapat tantangan bagi ekonomi Jerman sebagai dampak perang dagang AS-China dan terjadinya Brexit.

Acara promosi yang berlangsung, Kamis, tersebut dikemas dalam bentuk forum bisnis "Indonesian Network Gathering" bertempat di gedung IHK (Industrie und Handelskammer/Kamar Dagang dan Industri) Nürnberg.

Para pejabat dari IHK dan pelaku usaha di wilayah Nürnberg dan sekitarnya hadir dengan antusias pada acara tersebut. Pengusaha yang hadir antara lain importir bahan makanan organik, pengusaha "solar energy", percetakan, industri digital (pengembang virtual reality), jasa logistik, hingga produksi alumunium.

Dalam acara promosi disajikan kuliner Indonesia dari Restoran Borobudur yang bertempat di kota Nürnberg.

Terdapat beberapa peluang kerja sama bisnis antara beberapa pelaku usaha yang hadir dengan Indonesia, di antaranya ketertarikan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri digital untuk berinvestasi di Indonesia.

Importir bahan makanan organik berniat untuk membeli produk organik dari Indonesia. Pelaku usaha "solar energy" ingin mencari mitra bisnis di Indonesia.

Selain itu, adanya masukan dari pelaku usaha yang telah memiliki pusat produksi di Indonesia terkait perbaikan tata kelola dalam perizinan pekerja asing.

KJRI Frankfurt mendapat respon yang sangat positif dari pihak IHK dan peserta acara promosi tersebut. IHK Nürnberg menilai acara Network gathering oleh KJRI Frankfurt yang dikemas secara informal disertai sajian berbagai makanan Indonesia merupakan bentuk promosi baru di wilayah.

Sebagai tindak lanjut, IHK Nürnberg akan mengundang Konjen RI Frankfurt Toferry Primanda Soetikno melakukan kembali promosi pada acara Asia-Pacific Business Forum yang diadakan Juli mendatang di kota Nürnberg.

Pada kesempatan kunjungan ke kota Nürnberg dimanfaatkan Konjen RI Frankfurt bertemu dengan CEO dan CFO Faber Castell. Konjen menyampaikan peluang bisnis sejalan dengan tumbuhnya kelas menengah di Indonesia.

Perusahaan Faber-Castell merupakan salah satu perusahaan ternama Jerman yang sangat populer di dunia sebagai produsen pensil warna dan alat-alat tulis.

Selama Januari, KJRI Frankfurt mengadakan sejumlah promosi bisnis di Düsseldorf. Selain itu, promosi bisnis juga dilakukan ke berbagai pusat industri Jerman di kota Stuttgart, Saarland, Mannheim, dan Mainz untuk menarik perusahaan menengah negara itu meningkatkan hubungan investasi dan perdagangan dengan Indonesia.****1****
(T.H-ZG/B/R. Fardaniah/C/R. Fardaniah) 02-02-2019 09:29:11

Tidak ada komentar: