Senin, 04 Februari 2019

LATVIA


INDONESIA JADI PILIHAN WARGA LATVIA UNTUK BERLIBUR 
Oleh Zeynita Gibbons

London,3/2 (Antara) - Semakin banyak masyarakat Latvia menjadikan Indonesia sebagai pilihan untuk tujuan berlibur dan melakukan wisata.

Dubes Indonesia untuk Swedia merangkap Latvia Bagas Hapsoro kepada Antara London, Minggu mengatakan hal itu terlihat dalam pemeran pariwisata Balt Tour yangdigelar di ibukota Latvia selama 1-3 Februari 2019.

"Kegemaran warga Latvia berlibur ke Indonesia terlihat dari data kenaikan tingkat kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia yang terus meningkat cukup tinggi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini," katanya. 
Dubes Bagas Hapsoro, mengatakan wisatawan dari Latvia naik dari 1.896 pada tahun 2015 menjadi 2.428 orang di tahun 2016 atau naik sekitar 28,06 persen. Sementara itu 2017 wisatawan Latvia yang mengunjungi Indonesia meningkat menjadi 3.343 jiwa atau sebanyak 37,69 persen dari tahun sebelumnya.

"Mengunjungi Indonesia adalah melihat landscape yang indah, kebudayaan yang beraneka ragam dan masyarakat yang murah senyum, kata Madara Skrinda mahasiswa biologi, yang mengunjungi pameran pariwisata itu.

Andros Ivamovich, pengusaha bisnis starts up yang fasih berbahasa Indonesia mengungkapkan pernah selama 13 bulan tinggal di Bali.

Ia mengimbau warga kawasan Baltik untuk melihat keharmonisan Nusantara. Menurutnya gambaran penuh mengenai Indonesia terletak pada keragaman. "Masing-masing propinsi memiliki keindahan tersendiri," katanya.

Anete Kevisa, warga lainnya beralih profesi dari perawat rumah sakit menjadi travel operator, agar lebih sering ketemu keindahan Indonesia.

Menurut dia, yang menjadi daftar utama liburan ke Indonesia bagi orang Latvia adalah Bali.

Menurut catatan KBRI Stockholm, kombinasi antara pendapatan yang tinggi, jumlah hari libur yang cukup lama, mendorong masyarakat Latvia untuk berlibur ke negara-negara yang jauh letaknya, termasuk ke Indonesia.

Konsul kehormatan Indonesia untuk Latvia, Valdis Tilgalis mengatakan guna mengantisipasi peningkatan wisman, kiranya Indonesia perlu meningkatkan kegiatan promosi baik melalui partisipasi pada travel market, penyelenggaraan pertemuan bisnis antar pelaku industri pariwisata Indonesia dengan Latvia, mengadakan Fam trip bekerjasama dengan pihak maskapai penerbangan.

Turkish Airlines menyatakan, mulai musim panas ini akan mengadakan penerbangan langsung dari Istanbul ke Denpasar sehingga akan mendorong tingkat kapasistas dan juga menarik masyarakat Latvia untuk berlibur ke Indonesia. (ZG)***1***
(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 03-02-2019 19:07:32

Tidak ada komentar: