Rabu, 23 September 2009

DUKA CITA WARNAI IDUL FITRI DI OSLO

DUKA CITA WARNAI IDUL FITRI DI OSLO

Jakarta, 23/9 (ANTARA) - Berbeda dengan suasana Lebaran lainnya, perayaa Hari Raya Idul Fitri di Oslo, Norwegia, diwarnai dengan duka cita menyusul meninggalnya seorang tokoh masyarakat Islam yang juga Ketua PPLN KBRI Oslo Machdali Muhaddin.
Namun demikian, suasana duka itu tidak mengurangi rasa suka cita umat Islam Indonesia di Oslo dalam menyambut kedatangan hari yang fitrah setelah 29 hari menjalankan ibadah puasa Ramadhan, demikian keterangan yang diperoleh Antara di Jakarta, Rabu..

Jurubicara KBRI OSLO Febby Fahrani mengatakan, suasana duka cita yang mendalam semakin membuat warga Indonesia yang secara khusyuk melaksanakan Shalat Ied menjadi semakin diingatkan untuk senantiasa mengingat dan mensyukuri nikmat Illahi yang dilimpahkan kepada mereka.

Suasana silaturahmi dan halal bi halal dihadiri sekitar 300 orang semakin menambahkan suka cita perayaan Idul Fitri di Oslo diawali dengan acara sholat Idul Fitri di Wisma Duta di kawasan Bygdy, Oslo.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Oslo Mansyur Pangeran, dalam khutbahnya, mengajak masyarakat untuk merenungkan kembali arti hidup baru dalam kefitrian.

Mansyur Pangeran minta masyarakat untuk menjadikan hari yang fitri tersebut sebagai momentum untuk terus memupuk tali silaturahmi dan menumbuhkan rasa sayang di antara sesama umat manusia.

Ajakan untuk bersikap ikhlas dalam menjalani kehidupan, untuk bersikap amanah, mensyukuri nikmat karunia Allah serta keberhasilan melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan agar dapat diimplementasikan di sebelas bulan lainnya di luar Ramadhan.

Masyarakat yang hadir disuguhkan dengan gema takbir dan hidangan khas lebaran seperti ketupat sayur, gule ayam, dendeng balado, dan ikan tauco yang telah disiapkan oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI Oslo.

Acara halal bil halal dihadiri masyarakat Indonesia tidak hanya yang tinggal di sekitar Oslo tetapi juga dari luar kota seperti Kristiansand yang berjarak 240 km dari Oslo dan kota Sandefj?rd sekitar 128 km dan Porsgrunn 160 km serta H?nefoss, Brandbu, Fredrikstad yang jaraknya 120 km dari Oslo serta Drammen.***3***
(U-ZG)

(T.H-ZG/B/B011/B011) 23-09-2009 12:28:58

Tidak ada komentar: