Rabu, 02 September 2009

MENTERI KEUANGAN HADIRI PERTEMUAN G-20

MENTERI KEUANGAN HADIRI PERTEMUAN MENTERI KEUANGAN G-20

London, 2/9 (ANTARA) - Menteri Keuangan RI, Dr. Sri Mulyani Indrawati menurut rencana akan menghadiri pertemuan tingkat menteri G-20 Finance Ministers' and Central Bank Governors' Meeting yang digelar di London, 3-5 September.

Sekretaris I Pensosbud KBRI London, Novan Ivanhoe Saleh, kepada koresponden Antara London, Rabu, mengatakan, kunjungan Menkeu didampingi antara lain Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Depkeu, Anggito Abimanyu.

Dikatakan, Menteri juga didampingi Staf Khusus Menkeu, Chatib Basri, Direktur Eksekutif Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM), Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Menurut Novan, dalam kaitan pertemuan tingkat menteri negara-negara G20 tersebut, KBRI London melakukan berbagai persiapan.

Diantaranya pertemuan dengan pihak "treasury" di Inggris dan termasuk diantaranya mengatur jadwal permintaan wawancara dari media di Inggris,
Menteri keuangan direncanakan juga akan melakukan wawancara dengan Dow Jones - UK, Asahi Shimbun - UK dan diskusi live di acara Newsnight televisi BBC yang juga akan menghadirkan beberapa Menteri Keuangan negara-negara G-20 dan tokoh penting lainnya di Inggris.

Saat ini, tengah dijajagi pula pertemuan bilateral Menkeu RI dengan beberapa Menkeu dari negara-negara G20 lainnya.


Menkeu RI
Sri Mulyani Indrawati lahir di Bandar Lampung, Lampung adalah Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu, sebelumnya menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas pada Kabinet Indonesia Bersatu. Sri Mulyani sebelumnya dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia.

Sri Mulyani yang meraih Ph.D of Economics di University of lllinois Urbana-Champaign, U.S.A. Hingga saat ini menjabat Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI).

Pada 5 Desember 2005, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet, Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan menggantikan Jusuf Anwar.

Sejak tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia, itu dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura.

Sri Mulyani yang meraih Master of Science of Policy Economics di University of lllinois Urbana Champaign, AS terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

(U-ZG)

(T.H-ZG/B/M012/C/M012) 02-09-2009 18:34:16

Tidak ada komentar: