Sabtu, 19 September 2009

FESTIVAL MAKANAN INDONESIA DI HOTEL HYATT WARSAWA

FESTIVAL MAKANAN INDONESIA DI HOTEL HYATT WARSAWA

Jakarta, 17/9 (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Warsawa mengelar tema "Selera Indonesia" pada Festival Makanan Indonesia yang diadakan di Hyatt Regency Hotel, Warsawa, Polandia.

Juru bicara KBRI Warsawa Any Muryani, Kamis mengatakan, penyelenggaraan festival itu bekerjasama dengan Hotel Hyatt Regency Warsawa untuk pertama kalinya sejak dibukanya kantor Perwakilan RI di ibukota Polandia itu.

Any Muryani mengatakan hadir juga sejumlah duta besar dari negara sahabat seperti Meksiko, Kolumbia, Malaysia, Albania, Selandia Baru, dan wakil dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, Swiss, serta Ketua Dewan Kurator Museum Asia dan Pasifik Andrzej Nusantara Wawryzniak dan pengusaha makanan dan restoran di Warsawa.

Dua orang juru-masak dari Hotel Hyatt Bandung, Muhammad Sidik dan Azis Wahyudin, khusus didatangkan ke Warsawa untuk membuktikan kemampuannya dalam acara yang berlangsung selama dua pekan hingga 26 September.

Dubes RI Warsawa Hazairin Pohan menyatakan selama ini Polandia dikenal dengan keberagaman budaya musik, tarian, ukiran, lukisan dari berbagai daerah, maka festival makanan ini merepresentasikan keunikan dan keberagaman Indonesia.

Dubes berharap, di masa-masa depan restoran Indonesia dapat mengisi khazanah cita rasa di Polandia bersama berbagai masakan internasional lainnya.
Sementara itu General Manajer Hyatt Regency Hotel Joseph Kral menyambut gembira digelarnya festival makanan yang merupakan kegiatan festival makanan yang eksotik. Joseph Kral menyatakan keyakinnya akan keberhasilan festival itu.

Joseph Kral mengenal baik Indonesia melalui penugasan di Hotel Hyatt Aryaduta.

Pada acara pembukaan festival itu Dubes Pohan tampil bersama Vocal Group KBRI Warsawa yang terdiri dari Ny. Dyah Poerwonggo, serta tiga rohaniawan Katolik yang bertugas di Polandia, Vinsensius Adi Gunawan, Vinsensius Taji dan Alfred Adipati Manek, dari Nusa Tenggara Timur.

Dalam acara tersebut mereka menampilkan lagu-lagu tradisional Flores dan Papua, yang diiringi alat gamelan dan perkusi yang dimainkan personil Warsaw Gamelan Group.
Tari Gabor yang dibawakan Maria Szymanska dan tari Yapong karya Bagong Kusudisrdjo yang dibawakan Iwona Czapla dan Roza Puzynowska turut menyemarakkan acara pembukaan festival makanan tersebut.

Saat ini di Polandia terdapat dua restoran Indonesia yang mempekerjakan beberapa juru-masak dari Indonesia, yakni "Galeria Bali" di Warsawa, dan "Warung Bali" di Poznan. ***5***
(T.H-ZG/C/s018/s018) 17-09-2009 23:58:35

Tidak ada komentar: