Selasa, 22 September 2009

GAMELAN INDONESIA SEMARAKKAN ACARA DI MADRID

GAMELAN INDONESIA SEMARAKKAN ACARA DI MADRID

Jakarta, 21/9 (ANTARA) - Alunan Gamelan Charoko Laras dengan lagu Gangsaran, Ayun-Ayun, Sluku-Sluku Batok dan Udan Mas mengalun merdu pada tengah malam di Museum Antroplogi Madrid, Spanyol, pada acara "El Noche en Blanco" (malam putih), akhir pekan lalu.

Group Gamelan binaan KBRI Madrid tersebut menggelar pertunjukan dua kali yang penyelenggaraannya dimulai tengah malam sampai dini hari, ujar Allen Simarmata Koordinator Fungsi Sosbudpen KBRI Madrid kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, warga Madrid sampai pagi hari keesokan harinya turun ke tempat-tempat pertunjukan budaya untuk menyaksikan festival Noche en Blanco dan memadati Museum Antropologi Madrid di depan stasiun kereta api terbesar di Madrid, Atocha.

Selain menggelar pertunjukan gamelan, KBRI juga mengadakan pertunjukan tarian Indonesia yang dibawakan warga Indonesia di Madrid dan persembahan dari Grup tari binaan KBRI Brussell yang diundang secara khusus memeriahkan Noche en Blanco.

Penonton disuguhkan Tari Panyembrama, Tari Pendet, Tari Cendrawasih, Tari Rantak, Tari Muli Batanggai. Applause dari 200 pengunjung yang memadati hall Museum Antropologi Madrid makin menggema saat penari binaan KBRI Brussell membawakan Tari Muli Batanggai dengan gerakan lincah mengikuti iringan musik dengan busana tari yang menarik.

Duta Besar RI unuk Kerajaan Spanyol, Slamet Santoso Mustafa merasa bahagia dengan digelarnya pertunjukan budaya tersebut. Ini merupakan penghargaan terhadap khasanah kekayaan seni dan budaya Indonesia, dengan mengundang Indonesia secara khusus untuk mengisi acara Noche en Blanco.

"Saya juga merasa senang atas atensi dan apresiasi warga Madrid yang berbondong-bondong untuk menyaksikan pagelaran budaya tersebut, tempat duduk pertunjukan terisi penuh oleh penonton," ujarnya.

Dalam rangka promosi seni budaya, Group Gamelan dan tari binaan KBRI Madrid ini juga akan menggelar acara senada pada acara Festival Asia di kota Barcelona, Kamis mendatang. ***5***
(U.H-ZG/B/A041)
(T.H-ZG/B/A041/A041) 21-09-2009 21:49:58

Tidak ada komentar: