Rabu, 13 Juli 2011

DEMOKRASI DI INDONESIA

DEMOKRASI DI INDONESIA JADI MODEL NEGARA LAIN

London, 13/7 (ANTARA) - Direktur Eksekutif "Institute for Peace and Democracy" (IPD) Dr I Ketut Putra Erawan menilai pengalaman Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan berpenduduk mayoritas Muslim dapat menjadi model bagi negara lain yang saat ini sedang menghadapi transisi.

"Hal itu disampaikan direktur IPD dalam pertemuan tahunan 'Crans Montana Forum' (Swiss) ke-22 di Brussel baru-baru ini," ujar 'Minister
Counsellor' Pensosbud and Diplik KBRI Brusel, Palupi S Mustajab kepada Antara London, Rabu.

Ia mengatakan "Crans Montana Forum" (Swiss) yang berdiri sejak tahun 1989 adalah forum bidang Polkam, sementara forum bidang ekonomi adalah "World Economic Forum" (Davos).

Pada pertemuan "Special One Day Program" bertema "Looking for Political Model" dalam forum itu dihadiri sekitar 600 peserta terseleksi dari wakil pemerintah, organisasi internasional serta kalangan dunia usaha tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ketut Putra Erawan memaparkan bahwa penguatan demokrasi Indonesia masih terus berjalan, sehingga dapat menjadi referensi menarik dalam debat terbuka yang mengangkat tema tantangan dunia menghadapi masa transisi di negara-negara kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah saat ini.

Ia mengetengahkan pentingnya untuk melihat kembali dasar-dasar pembangunan dan konsolidasi institusi demorasi. Selain mendengarkan aspirasi dan suara/keinginan rakyat serta penyampaian demokrasi.

Tidak dapat dipungkiri terkait adanya apresiasi dari berbagai pihak pada forum ini terhadap perjalanan kehidupan demokrasi di Indonesia yang penduduknya mayoritas Muslim.

Hal itu merupakan suatu refleksi terkait pentingnya pengakuan dunia internasional atas peran IPD sebagai pelaksana Bali Democracy Forum dalam upaya pemajuan perdamaian dan demokrasi.

Ia juga menyampaikan peranan Indonesia dalam mengatasi masa transisi di Afrika Utara melalui pelaksanaan "Workshop on Egypt-Indonesia Dialogue on Democratic Transition" di Jakarta pada Mei lalu yang mendapat tanggapan posistif dari berbagai pihak, termasuk Uni Eropa.(ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/E011/E011) 13-07-2011 23:08:11

Tidak ada komentar: