Sabtu, 16 Juli 2011

UMBRIA JAZZ FESTIVAL

DWIKI DHARMAWAN PUKAU PENONTON UMBRIA JAZZ FESTIVAL

London, 15/7 (ANTARA) - Dwiki Dharmawan World Peace Band yang didukung oleh Andy Suzuki, Kamal Musallam, Ade Rudiana, Zoltan Renaldi dan Demas Narawangsa, tampil memukau sekitar 5.000 penonton yang memadati panggung utama Piazza iv Novembre, Umbria, Italia.

Piazza iv Novembre pada Rabu (13/7) lalu menjadi saksi kesuksesan musisi asal Indonesia Dwiki Dharmawan dkk yang dieluk-elukan publik penggemar jazz di Umbria Jazz Festival 2011, ujar Boy Nuskan, Production Manager yang melaporkan kepada ANTARA London, Jumat, dari Wina, Austria dan Umbria, Italia.

Menurut Boy Nuskan, pada umumnya penonton terpukau menikmati sajian musik Dwiki dkk yang begitu dinamis dengan perpaduan nuansa jazz, Timur Tengah dan irama seantero nusantara.

Dwiki Dharmawan World Peace Band didukung oleh Andy Suzuki (sax/flute), Kamal Musallam (oud/gitar), Ade Rudiana (kendang), Zoltan Renaldi (bass) dan drummer muda Demas Narawangsa.

Bahkan Paolo Rufina salah seorang panitia Umbria Jazz menyatakan terkesima dan terkejut karena grup musik campuran Indonesia, Dubai dan Jerman itu mampu memukau penonton Umbria Jazz yang selain terdiri dari masyarakat penggemar jazz di Italia, juga datang dari manca negara.

Dikatakannya, Umbria Jazz Festival berlangsung di seantero kota tua Perugia dan telah berlangsung sejak tahun 1973 dan kini merupakan Festival Jazz terbesar di dunia.

Tercatat ratusan nama-nama artis jazz legendaris yang pernah tampil di Umbria Jazz sejak tahun 1973 di antaranya Miles Davis, Horace Silver, Cannonball Adderley, Ahmad Jamal, Brecker Brother, Bill Evans, Pat Metheny, Gary Burton, J Zawinul dan lain-lain.

Sebelum mendulang sukses di Perugia, Dwiki Dharmawan dkk mendapat sambutan luar biasa di panggung Arkedenhof Jazz Wien di Austria. Bahkan Direktur dan pendiri Jazz Wien Fritz Thom menyampaikan salut dan apresiasi luar biasa kepada musisi asal Indonesia, Dwiki Dharmawan, yang mampu memukau publik musik jazz Wina .

Untuk itu, tahun mendatang Dwiki diharapkan tampil lagi dan akan disandingkan dengan para jazzer dunia .

Setelah tampil gemilang di Eropa, Dwiki direncanakan akan tampil bersama Andy Suzuki dan World Peace Ensemble di Monju World Music Festival di Bandung, kemudian bersama grup Eastmania akan tampil di Asean Jazz Festival Batam pada 22 dan 23 Juli serta di Bali 26 Juli mendatang.

Keesokan harinya pada 27 Juli, Dwiki Dharmawan akan tampil bersama Andien pada acara Jazz on the Beach di Pulau Bangka. Menutup bulan Juli Dwiki akan tampil bersama Sandhy Sondhoro dan Dira J Sugandi pada 'Konser Komodo' di Kuta Bali.

Sementara itu, Dwiki Dharmawan secara terpisah menyebutkan baginya tahun 2011 merupakan pencapaian yang sangat berharga dan patut disyukuri.

"Betapa tidak, saya merasa sangat terhormat bisa tampil bareng dan berdampingan dengan musisi musisi jazz dunia seperti Herbie Hancock, Marcus Miller, Wayne Shorter, Liza Minelli, Mike Stern , Trombone Shorty dari New Orleans," katanya.

Selain Terje Rypdal (Norwegia), Betty LaVette-The Blind Boy dari Alabama, Sean Kuti and Egypt 80 dan lain-lain, pada Jazz Wien (Austria) dan Umbria Jazz (Italia), ujarnya kepada koresponden ANTARA London.

Pada 2011 ini, selain berkolaborasi dengan saxophonist Andy Suzuki dan pemain Oud, gitar gambus ala Arab, Dwiki juga membawa serta rekannya di Krakatau, pemain kendang Ade Rudiana, pemain bass muda Zoltan Renaldi serta drummer muda lulusan Sekolah Musik Farabi, Demas Narawangsa.

Kali ini Dwiki menampilkan beberapa karya dan aransemen baru yaitu Mentawai, Selayang Pandang, Lamalera's Dreams , Tribal Dance, Ilir-ilir, di samping karya lainnya dari albun WPO seperti Spirit of Peace, Janger, dan Arafura.


Disarankan di Eropa
Direktur dan pendiri Jazz Wien, Fritz Thom, menyarankan Dwiki Dharmawan untuk mempunyai formasi tetap musisi jazz internasional yang bermukim di Eropa untuk memudahkan logistik dan transpor untuk rancangan tur Eropa yang akan datang.

Dwiki Dharmawan mengakui bahwa ia berencana membentuk kelompok jazz trio bersama Israel Varela, drummer Diego Amador trio serta pemain bas akustik asal Italia bernama Daniele Capucci.

"Bahkan saya disarankan untuk tinggal di salah satu kota di Eropa seperti Berlin dan bekerja sama dengan Booking Agent yang berpusat di salah satu kota Eropa," ujar suami penyanyi Ita Purnamasari.

Sebelumnya Dwiki pernah tampil di Amerika Serikat dan bermain bersama Jimmy Haslip, bassist the Yellowjackets dan Walfredo Reyes Jr (drummer), Percussionist Steve Thornton, saxophonist Andy Suzuki yang kini bermukim di Berlin.

"Saat ini saya juga terlibat dalam project rekaman dengan grup Eastmania yang terdiri dari Kamal Musallam, legendaris Billy Cobham , Rascha Rizk, Nasser Salameh dan Kai Eckhart," ujarnya.

Menurut rencana pada pertengahan tahun 2012 yang akan datang memperingati 30 tahun berkarya akan menggelar persembahan konser tunggal yang digelar tidak hanya di Jakarta tetapi juga tur ke beberapa kota lainnya seperti Surabaya dan Medan.

Selain musisi dan penyanyi dalam negeri Dwiki Dharmawan juga ingin mengajak seniman serta gitaris kawakan Frank Gambale (Chic Corea Electric Band), Bassist Kai Eckhart, drummer Walfreso Reyes Jr dan musisi jazz dunia lainnya. ***6***
(H-ZG/B/A041)

(T.H-ZG/B/A041/A041) 15-07-2011 13:56:28

Tidak ada komentar: