Senin, 25 Juli 2011

HUT RI DI BERN

PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN DI KBRI BERN

London, 25/7 (ANTARA) - Masyarakat Indonesia di Swiss mengikuti berbagai acara dalam rangka memeriahkan perayaan hari Kemerdekaan RI yang ke-66, di wilayah akreditasi digelar KBRI Bern dalam kegiatan Hari Keluarga.

KBRI Bern dalam keterangan persnya yang diterima Antara London, Minggu, menyebutkan Hari Keluarga diisi dengan berbagai program yang diikuti masyarakat Indonesia di Swiss yang berpartisipasi secara aktif.

Duta Besar RI, Djoko Susilo, dalam sambutannya pada acara Hari Keluarga mengamanatkan kepada anak-anak Indonesia di Swiss untuk selalu hormat kepada orangtua, berakhlak mulia, dan berprestasi tanpa melupakan akar budaya Indonesia.

Kegiatan yang dibagi menjadi dua itu, yakni perlombaan anak-anak seperti mewarnai, memasukan pensil ke dalam botol, memasukan bendera ke dalam botol, dan membawa kelerang dan lomba yang melibatkan keluarga/teman.
Lomba untuk keluarga adalah lomba makan kerupuk antara anak-orang tua, dan ibu-bapak/teman, memasukan pensil ke dalam botol sambil menggoyangkan bendera untuk orang tua di mana botolnya dipegang oleh pasangan yang memegang botol, joget cangkir, mengikat tali, dan balap karung plastik.

Bagi masyarakat Indonesia di luar dengan ketiadaan karung goni yang selama ini digunakan untuk perlombaan balap karung di Indonesia, sebagai gantinya adalah plastik yang sehari-harinya digunakan sebagai alat kebersihan. Nampaknya pepatah tak ada rotan akarpun jadi sangat berlaku.

Hari keluarga juga dimeriahkan oleh kedatangan dua orang pecatur Indonesia yang mengikuti 44th Biel Chess Festival yaitu Susanto Megaranto (Grand Master) dan Chelsea Monica Ignesias Sihite (Master Internasional).

Kedua pecatur profesional kelas dunia asal Indonesia tersebut hanya perlu beberapa menit saja untuk mengalahkan pemain-pemain amatiran spesialis 17-an seperti Chandra Novianto, Gunawan, Hendra dan Bambang.

Keceriaan, canda dan tawa yang mengiringi Kegiatan dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan 17 Agustus tersebut diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para pemenang dan pembagian "goody bag" untuk setiap anak oleh Duta Besar dan seluruh staf KBRI Bern.

(T.H-ZG/C/Y008/C/Y008) 25-07-2011 22:15:52

Tidak ada komentar: