Kamis, 29 Maret 2012

FINLANDIA


FINLANDIA: INDONESIA MITRA KERJASAMA EKONOMI DIMASA DATANG

            London 29/3 (ANTARA) - Presiden Republik Finlandia, Sauli Vainämö Niinistö memandang Indonesia sebagai mitra kerja sama ekonomi Finlandia di masa depan, khususnya di bidang industri dan perdagangan.

           Hal  itu disampaikan, Sauli Väinämö Niinistö  saat menerima Dubes  untuk Republik Finlandia, merangkap Republik Estonia, Elias Ginting, yang menyerahkan Letters of Recall dan Surat-Surat Kepercayaan (Letters of Credential) dari Presiden RI kepada Presiden Republik Finlandia, Sauli Väinämö Niinistö  bertempat di Istana Kepresidenan Finlandia.

           Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Helsinki Andy Aron kepada ANTARA , Kamis mengatakan prosesi penyerahan Surat-Surat Kepercayaan tersebut diselenggarakan melalui upacara resmi.

           Dikatakannya penyerahan Letters of Recall dan Surat-Surat Kepercayaan (Letters of Credential) dari Presiden RI kepada Presiden Republik Finlandia, Sauli Väinämö Niinistö berlangsung di Istana Kepresidenan Finlandia.

           Lebih lanjut, Presiden Niinistö mengutarakan kekagumannya terhadap toleransi kehidupan sosial kemasyarakatan di Indonesia yang masyarakatnya dapat hidup berdampingan secara rukun meskipun Indonesia dikenal sebagai penduduk pemeluk agama Islam terbesar di dunia
      Sebelum memasuki halaman Istana Kepresidenan, Duta Besar RI, didampingi oleh Chief of Protocol Finlandia, disambut Commandant of the Palace Guard dan Helsinki Garrison Commander, yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi sambutan kehormatan dengan pengumandangan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, serta inspeksi pasukan kehormatan Guard Jaeger Regiment.

           Di dalam Istana Kepresidenan, Duta Besar RI diperkenalkan kepada jajaran Sekretariat Kabinet Kepresidenan Finlandia, sebelum diterima oleh Presiden Finlandia.

           Puncak acara prosesi penyerahan Surat-Surat Kepercayaan berlangsung di Yellow Room Istana Kepresidenan Finlandia, di mana Duta Besar RI menyerahkan secara langsung Letters of Recall dan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Finlandia yang kemudian dilanjutkan dengan audiensi tertutup selama 15 menit.

           Dalam audiensi tertutup tersebut, Duta Besar RI menyampaikan salam hangat dari Presiden RI dan seluruh rakyat Indonesia kepada Presiden dan Rakyat Finlandia.

           Duta Besar RI juga menyampaikan kembali ucapan selamat (congratulations) dari Presiden RI atas terpilihnya Presiden Niinistö sebagai Presiden Republik Finlandia yang Baru, yang dilantik pada tanggal 1 Maret 2012 yang lalu.

           Pada kesempatan audiensi tersebut, Duta Besar RI menyampaikan secara singkat situasi umum di Indonesia, khususnya mengenai perkembangan ekonomi Indonesia, beserta harapan agar hubungan bilateral antara Indonesia dan Finlandia yang selama ini telah berjalan dengan baik dapat lebih ditingkatkan di segala bidang yang dapat dirasakan rakyat kedua negara.

           Presiden Niinistö dalam tanggapannya mengucapkan terima kasih yang mendalam atas ucapan selamat dari Presiden RI dan menyampaikan salam hangat kepada Presiden RI serta seluruh rakyat Indonesia.

           Presiden Niinistö juga mengutarakan bahwa dirinya mengamati dengan antusias situasi di Indonesia saat ini, khususnya terhadap perkembangan ekonomi Indonesia yang dinilai sebagai salah satu negara di dunia dengan kemajuan perekonomian yang pesat.

           Upacara penyerahan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Finlandia berlangsung dalam suasana yang hangat dan bersahabat. Dubes Elias Ginting  merupakan Duta Besar pertama yang diterima Presiden Niinistö setelah mengemban jabatan Presiden Finlandia.

           Sebagai ungkapan rasa syukur atas kelancaran prosesi penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Duta Besar RI kepada Presiden Finlandia, pada  sore hari diadakan syukuran di Kantor KBRI Helsinki yang dihadiri seluruh staff KBRI Helsinki beserta sejumlah perwakilan organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat Indonesia di Finlandia, serta perwakilan kalangan masyarakat setempat yang menjadi  friends of Indonesia di Finlandia. ***2***
(ZG)





(T.H-ZG/B/M019/M019) 29-03-2012 12:14:11

         

Tidak ada komentar: