Sabtu, 14 September 2013

SERBIA

PERPUSTAKAAN NASIONAL INDONESIA-SERBIA JALIN KERJA SAMA

Oleh Zeynita Gibbons

London, 12/9 (Antara) - Perpustakaan Nasional RI (PNRI) dan Perpustakaan Nasional Serbia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam kerangka kerja sama bilateral antara Indonesia dan Serbia, khususnya di sektor pendidikan.

Penandatanganan kerja sama itu bertempat di Gedung Perpustakaan Nasional Serbia di Kota Beograd, demikian Sekretaris Tiga KBRI Serbia Ariana Yulianti kepada Antara London, Kamis.

Dijelaskan bahwa Delegasi PNRI dipimpin Kepala PNRI Ibu Sri Sularsih sepakat untuk mengadakan kerja sama dengan Perpustakaan Nasional Serbia yang dipimpin Dejan Ristic untuk melakukan kerja sama dan bertukar publikasi.

Selain pertukaran publikasi yang diterbitkan di Indonesia dan Serbia, juga kerja sama bidang bibliografi serta melaksanakan pertukaran ilmu dan tenaga ahli, penyelenggaraan seminar dan proyek pelestarian berbagai hasil karya sastra baik di Indonesia dan Serbia.

Di sela-sela kunjungan Delegasi PNRI di Serbia, Ibu Sri Sularsih dan delegasi mengadakan pertemuan dengan Advisory Board Perpustakaan Nasional Serbia, Kepala Perpustakaan Universitas Beograd, Kepala Perpustakaan kota Beograd dan Kepala Perpustakaan kota Smederevo.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran dan tinjauan yang menyeluruh terhadap situasi dan kondisi nyata dari pengelolaan masing-masing perpustakaan dan tingkat minat baca masyarakat Serbia, sebagai referensi tambahan bagi peningkatan mutu pelayanan PNRI serta upaya-upaya untuk meningkatkan minat baca dari masyarakat Indonesia.

Kunjungan Delegasi PNRI tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari pihak Perpustakaan Nasional Serbia dan berbagai mitra yang ditemui selama masa kunjungan.

Perpustakaan Nasional Serbia juga menyampaikan bahwa perjanjian kerja sama dan kunjungan tersebut telah menegaskan kembali komitmen nyata dari Indonesia untuk selalu memberikan dukungan dan kerja sama yang baik dengan Serbia sebagai teman lama semenjak Era Yugoslavia.

Melalui penandatanganan kerja sama dimaksud, diharapkan kedua belah pihak akan dapat bekerja sama dalam meningkatkan publikasi-publikasi dan literature serta pelestarian berbagai karya sastra dari kedua negara, jelas Ariana Yulianti. ***4***





(T.H-ZG/B/Farochah/Farochah) 12-09-2013 05:50:07

Tidak ada komentar: