Rabu, 19 Februari 2014

MAROKO


RI-MAROKO TINGKATKAN KERJA SAMA PENDIDIKAN
     Oleh Zeynita Gibbons

    London 13/2 (Antara) - Dubes RI di Maroko Tosari Widjaja mengemukakan Indonesia dengan Maroko berupaya meningkatan kerja sama dibidang pendidikan dan kebudayaan.

         Untuk itu Tosari Widjaja mengadakan pertemuan dengan Rektor Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes Prof. Dr. Omar Sabhi, demikian Sekretaris Tiga Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KBRI Rabat Suparman Hasibuan kepada Antara London, Kamis.

         Pada awal pertemuan, Rektor menyampaikan apresiasi atas peran aktif KBRI dalam mengembangkan kerja sama pendidikan Indonesia-Maroko.

         Dikatakannya dengan difasilitasi KBRI, sejauh ini telah terlaksana berbagai program di bidang pendidikan dan kebudayaan Indonesia-Maroko di Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes.

         Rektor juga menyinggung kerja sama yang terjalin antara Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes dengan dua universitas di Indonesia, yaitu Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang).

         Dalam pertemuan ini, Rektor mengundang grup teater dari universitas di Indonesia untuk tampil pada pagelaran yang akan diadakan di Universitas Mohamed ben Abdellah Fes pada April mendatang.

         Sementara Dubes Tosari Widjaja menyampaikan lima poin penting dalam pertemuan itu, yaitu mendorong dan menyambut baik rencana kunjungan delegasi Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes ke Unissula dan UIN Malang dengan menekankan agar segera dapat dimulai komunikasi-komunikasi persiapan dengan kedua universitas tersebut.

         Penjajakan kerja sama antara Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes dengan Universitas Negeri Makassar, yang diagendakan pada Maret mendatang serta rencana penyelenggaraan Hari Kebudayaan Indonesia di Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes yang di jadwalkan pada April.

         Selain itu Tosari menyampaikan penjajakan kemungkinan penempatan mahasiswa-mahasiswi Indonesia utusan Pemda Sumatera Barat untuk menempuh pendidikan di Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes, serta ucapan terima kasih atas penerimaan mahasiswa Indonesia di universitas tersebut, termasuk mengusulkan jadwal sidang tesis mahasiswa Indonesia Sofin Sugito agar dapat dipercepat.

         Dalam tanggapannya, Rektor menyambut baik usulan Dubes Tosari  Widjaja dan menyampaikan kesiapan Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes untuk merealisasikan usulan tersebut.

         Universitas Sidi Mohamed ben Abdellah Fes atau biasa disingkat USMBA merupakan salah satu universitas terkemuka di Maroko yang berlokasi di kota Fes.

         Universitas tersebut berdiri pada tahun 1975 dengan mengambil nama seorang raja besar dari dinasti Alawiyah, Sultan Sidi Mohamed Ben Abdellah yang lahir pada tahun 1134 H.

         Beberapa fakultas yang terdapat dalam universitas  adalah sastra dan humaniora, ilmu hukum-ekonomi dan sosial, sains dan teknologi, serta fakultas kedokteran dan farmasi.

         Saat ini terdapat tujuh  mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Universitas Sidi Mohamed Ben Abdellah Fes, yaitu di Fakultas Adab dan Humaniora.

    ***1***
(T.H-ZG/B/M.M. Astro/M.M. Astro) 13-02-2014 05:56:48

Tidak ada komentar: