Rabu, 19 Februari 2014

SOFIA


BULGARIA AKUI KEUNGGULAN PRODUK FUNITURE INDONESIA

          London, 17/2 (Antara) - Walikota Haskovo, Bulgaria, Georgi Ivanov mengakui   keunggulan  produk  funiture dari  Indonesia dan terkesan dengan kualitas  produk   rotan produksi Indonesia.

         Hal itu disampaikan Walikota Haskovo Georgi Ivanov saat menerima kunjungan Dubes RI di Sofia, Bunyan Saptomo yang berkunjung ke kota Haskovo, Bulgaria, pada akhir pekan.

         Dubes RI di Sofia, Bunyan Saptomo kepada Antara London, Senin mengatakan pada   pertemuan tersebut dibahas kemungkinan peningkatan hubungan ekonomi dan kebudayaan antara RI dengan kota Haskovo dan wilayah sekitarnya.

         Walikota Haskovo Georgi Ivanov kepada Dubes Bunyan mengatakan bahwa dari pengalaman pribadi, ia  membeli funiture dari Indonesia enam tahun yang lalu dan sekarang masih bagus.

         Walikota Ivanov menyatakan di bidang ekonomi, Haskovo merupakan kota industry tekstil sedangkan wilayah sekitarnya menghasilkan sejumlah produk pertanian antara lain  gandum, tembakau, ketumbar dan kedelai.

         Dubes menyampaikan  produk utama Indonesia yang telah di ekspor ke Bulgaria selain furniture adalah kelapa sawit, kopi, cokelat, benang, dan garmen.

         Menurut  data statistik, Indonesia telah mengimpor ketumbar (coriander) dan tembakau dari Bulgaria,  sebagian besar produk tersebut berasal dari Haskovo.

         Dalam pertemuan juga dibahas  kemungkinan kerjasama bidang kebudayaan   antara RI dengan pemerintah kota Haskovo.

         Dubes menyatakan  tahun lalu ada lima delegasi kebudayaan dari Indonesia  berkunjung ke Bulgaria untuk berpatisipasi pada festival di berbagai kota di Bulgaria. Diharapkannya kerjasama tersebut dapat terus ditingkatkan.

         Walikota Ivanov menyatakan  kota Haskovo setiap  bulan September mengadakan festival internasional. Diharapkannya  Indonesia dapat ikut berpartisipasi pada festival di Haskovo tersebut tahun ini. Untuk itu walikota Ivanov menyatakan kesiapannya untuk menaggung biaya akomodasi bagi tim kesenian Indonesia tersebut.

         Sebelumnya,  Dubes menghadiri acara yang diselenggarakan  Bulgarian Chamber of Commerce and Industry (BCCI) di kota Haskovo. Acara tersebut merupakan dialog bisnis  dihadiri  Perdana Menteri Plamen Oresharski yang didampingi  Menteri Ekonomi dan Energi Dragomir Stoyanev, serta Menteri Pertahanan Bulgaria Angel Naydenov.

         Pada kesempatan tersebut PM. Oresharski menyampaikan kebijakan ekonomi Bulgaria khususnya yang terkait dengan bisnis dan kesejahteraan rakyat.

        Pada kesempatan terpisah, Dubes  melakukan pertemuan dengan pengusaha yang secara terus terang mengakui keunggulan ekonomis minyak kelapa sawit dibanding minyak dari sun flower maupun produk lainnya.

        Dikatakannya  minyak kelapa sawit sangat ekonomis karena dapat dipakai berkali-kali dengan kualitas hasil gorengan yang tidak merosot sedangkan minyak goreng lainnya hanya dapat dipakai sekali apabila ingin menjaga kualitas hasil gorengan.

         Kota Haskovo adalah ibu kota Provinsi Haskovo yang terletak di sebelah Selatan Bulgaria, dekat perbatasan dengan Yunani dan Turki. Selain merupakan kota administrasi, Haskovo juga merupakan pusat industri di provinsi ini. Provinsi Haskovo yang mempunyai luas 5.533 Km persegi ini terdiri dari 11 municipality dengan penduduk 256.408 jiwa di tahun 2009.

    ***2***(ZG)
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 17-02-2014 06:12:05

Tidak ada komentar: