Selasa, 18 Maret 2014

LISBON


INDONESIA JARING WISATAWAN PORTUGIS PADA PAMERAN BTL

     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 18/3 (Antara) - KBRI Lisabon menjaring wisatawan dari Portugis dengan berpartisipasi pada Pameran Pariwisata Internasional "Bolsa Turismo de Lisboa", yang diorganisir Feira Internacional de Lisboa, baru baru ini.

         Keikutsertaan Indonesia pada ajang "Bolsa Turismo de Lisboa" (BTL) merupakan yang keduabelas kalinya, sejak pameran pariwisata tersebut diselenggarakan 26 tahun yang lalu, demikian Sekretaris II Ekonomi KBRI Lisabon A.R. Aji Nasution, kepada Antara London, Selasa.

         Dikatakannya tujuan utama keikutsertaan KBRI Lisabon mengikuti pameran tersebut setiap tahun adalah untuk menjaring wisatawan Portugis ke Indonesia, yang pada tahun 2014 targetnya sebesar 15.000 orang.

         BTL yang berlangsung tanggal 12-16 Maret lalu itu merupakan ajang pameran pariwisata terbesar di Portugal yang menyedot sekitar 60.000 pengunjung profesional maupun masyarakat biasa.

         Tahun ini BTL diikuti oleh sekitar 900 perusahaan dan lima perwakilan negara asing, termasuk Indonesia. Brasil menjadi guest country pada pesta pariwisata kali ini.

         Selama lima hari berpameran, stan Indonesia dikunjungi oleh sekitar 1.500 tamu, yang datang dari seluruh Portugal serta wisatawan asing.

         Pada pameran kali ini KBRI menggandeng Agen Perjalanan Ave Branca, yang dikelola diaspora Indonesia dan berbasis di kota Porto.

         Ini merupakan kerja sama yang saling menguntungkan. Booth Indonesia selain memberikan info objek wisata sekaligus menjual paket perjalanan ke Nusantara, seperti ke Pulau Bali, Jawa dengan ikon wisata Borobudur, Pulau Komodo serta Raja Ampat, Papua.

         Paket yang ditawarkan tersebut banyak menarik minat agen perjalanan setempat untuk menjalin kerja sama dengan Ave Branca guna menangani wisatawan outbound. Sementara bagi individu, paket surfing, bulan madu ataupun liburan musim panas di Indonesia menjadi primadona.

         Selain membagikan brosur dan booklet informasi terkait destinasi wisata di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, Lombok, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua, KBRI juga memberikan informasi seputar tujuan wisata bernuansa khusus, misalnya berselancar, golf, snorkling dan diving di berbagai tempat wisata populer di Nusantara.

         Secara khusus bagi pecinta selancar didorong untuk mengenal dan menjadi anggota Asosiasi Persahabatan Peselancar Portugis-Indonesia (ASAI) yang didirikan sejak tahun 2010.

         Nuansa Indonesia makin terasa dalam forum BTL 2014, ketika grup tari binaan KBRI "Kelana" menampilkan sejumlah tarian yang menarik perhatian pengunjung.

         Tari Bali, Tari Merak dari Jawa Barat serta Tari Payung dari Sumatera Barat dan displai batik Indonesia menyemarakkan stan Indonesia, demikian A.R. Aji Nasution. ***2***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 18-03-2014 14:38:54

Tidak ada komentar: