Selasa, 25 Maret 2014

LONDON


KPPS LONDON TERBENTUK
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 23/3 (Antara) -  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPS-LN) London yang merupakan perwakilan masyarakat Indonesia di London dan sekitarnya dari berbagai kalangan akademisi, pengusaha, pelajar dan masyarakat Indonesia telah terbentuk.

         "Pembentukan itu ditandai dengan pengangkatan KPPSLN dan pengambilan sumpah/janji yang dipimpin Ketua PPLN pada KBRI London, Masao Sinulingga dan disaksikan  Duta Besar T.M. Hamzah Thayeb dan perwakilan masyarakat Indonesia di London dan sekitarnya," kata Sekretaris I KBRI London, Heni Hamidah, kepada Antara London, Minggu.

         Ia mengatakan KPPSLN yang diangkat berjumlah 21 orang dengan masa tugas satu bulan dan bertanggung jawab untuk melaksanakan pemungutan suara di tiga Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di London untuk menampung aspirasi kalangan akademisi, pengusaha, pelajar dan masyarakat Indonesia yang ada di Inggris.

         "Keterwakilan wakil-wakil masyarakat tersebut dimaksudkan agar tugas dan tanggung jawab pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat diemban dan dirasakan bersama-sama," kata Heni Hamidah.

         Dalam sambutan pelantikan KPPS-LN itu, Dubes T.M. Hamzah Thayeb mengatakan dalam pelaksanaan Pemilu 2014, baik untuk pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden ada landasan hukum berupa Undang-Undang dan Peraturan yang harus diikuti dan dipatuhi
    Duta Besar Thayeb menyampaikan KPPSLN merupakan perangkat yang ketiga yang dibentuk untuk pelaksanaan Pemilu 2014 setelah sebelumnya dibentuk dua perangkat yaitu PPLN dan Panwaslu.

         "KBRI sebagai perwakilan dari Republik Indonesia mempunyai peran penting dalam mengawal dan memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2014 agar dapat dilaksanakan sesuai dengan landasan hukum baik undang-undang maupun peraturan yang berlaku," katanya.

         Ia juga berpesan kepada PPLN, Panwaslu dan KPPSLN  bahwa tugas dan tanggung jawab yang diberikan merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik demi suksesnya pesta demokrasi di Inggris.

         Seusai acara pelantikan, KPPSLN bersama-sama dengan PPLN langsung sibuk memproses surat suara yang akan dikirim melalui pos. Kesibukan langsung terlihat di ruang Serba Guna KBRI London dengan berbagai tumpukan amplop-amplop dan surat suara.

         "Untuk pengiriman surat suara melalui pos dan pemberitahuan pencoblosan kepada para pemilih akan diselesaikan pada akhir pekan ini sehingga pada hari Senin sudah dapat diproses pengirimannya," katanya. ***1*** (ZG)
(T.H-ZG/B/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 23-03-2014 09:49:31

Tidak ada komentar: