Minggu, 11 Mei 2014

FINLANDIA


UPI BANDUNG-UTA FINLANDIA JALIN KERJA SAMA

     Oleh Zeynita Gibbons
    
    London, 2/5 (Antara) - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat, menjalin kerja sama dengan Universitas of Tempere (UTA) Tampere, Finlandia, dalam berbagai bidang pendidikan, termasuk pertukaran staf dan tenaga pengajar.

         Kerja sama itu dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Rektor masing-masing universitas, yakni Professor Sunaryo Kartadinata mewakili UPI Bandung dan Professor Kaija Holli, mewakili UTA Tampere, demikian Sektetaris Satu KBRI Helsinki Made Priyadi Sentanajaya, kepada Antara London, Jumat.

         Dikatakannya bahwa penandatanganan MoU itu disaksikan wakil dari KBRI Helsinki, Wakil Rektor dari UPI Bandung serta Wakil Rektor, Dekan School of Education beserta jajaran pimpinan UTA Tampere.

         Dalam MoU tersebut terdapat bidang-bidang kerja sama yang disepakati, yakni pertukaran staf dan tenaga pengajar, pertukaran materi perkuliahan.

         Selain itu, pertukaran bahan-bahan informasi dan publikasi, "joint conferences" dan "joint academic programs", kerja sama di bidang riset dan publikasi, serta bidang-bidang kerja sama lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

         "MoU berlaku sejak tanggal penandatanganan hingga periode lima tahun ke depan," jelasnya.

         Menurut Made Priyadi Sentanajaya, sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU Kerja sama Pendidikan tersebut, Rektor UPI  menyampaikan proposal kerja sama riset di bidang pendidikan untuk dipelajari pihak UTA.

         Kedua belah pihak sepakat pada tanggal 22 Mei , Delegasi UTA akan berkunjung ke Bandung untuk membahas secara lebih kongkrit penerapan butir-butir kesepahaman dalam pamahaman nota kesepahaman tersebut.

         Delegasi peneliti dari UPI Bandung berencana akan berkunjung ke Tampere, pada bulanAgustus, guna memulai kerjasama riset di bidang pendidikan, katanya.

         Penandatanganan MoU Kerja sama Pendidikan antara UPI dengan UTA, semakin meningkatkan jumlah kerja sama U to U antaruniversitas di Indonesia dengan universitas di Finlandia.

         Sebelumnya juga dilakukan kerja sama antaruniversitas U to U antar Institut Teknologi Bandung ( ITB) dengan Aalto University Helsinki di bidang program Master of Business Management (MBM), dan kerjasama pendidikan antara Universitas Bakrie Indonesia dengan Technology University Tampere (TUT) melalui MoU yang ditandatangani  November tahun lalu.   

    Dikatakannya, kerja sama pendidikan merupakan salah satu bidang kerjasama unggulan yang tengah digiatkan KBRI Helsinki dalam rangka peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Finlandia.     

    Keunggulan sistem pendidikan di Finlandia terutama di bidang pendidikan guru dan tenaga pendidik, serta riset diharapkan dapat dimanfaatkan oleh universitas di yang ada guna meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. ***3***
(T.H-ZG/B/Farochah/Farochah) 02-05-2014 12:42:33

Tidak ada komentar: