Rabu, 28 Mei 2014

YUNANI


16 MAHASISWA IKUTI UJIAN UT DI YUNANI

         London, 14/5 (Antara) -  Sebanyak 16 orang mahasiswa Universitas Terbuka Indonesia di Yunani mengikuti ujian akhir semester yang diselenggarakan KBRI Athena bekerja sama dengan Universitas Terbuka (UT), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di aula KBRI Athena.

        Sekretaris I Pensosbud, John Admiral, kepada Antara London, Rabu mengatakan para mahasiswa itu yang mengikuti ujian terdiri atas enam  orang jurusan Ilmu Komunikasi, lima jurusan Sastra Inggris, empat jurusan Manajemen dan satu jurusan Administrasi Negara.

        Dikatakan, belajar adalah proses seumur hidup dan pendidikan sangat penting untuk kehidupan manusia meraih masa depan dan kehidupan lebih baik.

        "Usia dan kesibukan kerja bukan hambatan untuk tidak belajar dan mengikuti pendidikan yang lebih tinggi," kata dia.

        Menurut John, hal ini yang menjadi semangat sebagian kecil masyarakat Indonesia di Yunani untuk mengikuti pendidikan jarak jauh UT.

        Para mahasiswa UT tersebut menyisihkan pendapatannya untuk membiayai studi dan memanfaatkan waktu istirahatnya di malam hari untuk belajar walau lelah bekerja seharian. Untuk dapat mengikuti UAS, mereka harus mendapatkan izin tidak bekerja dari majikannya.

        Ketua  Mahasiswa Universitas Terbuka Indonesia di Athena (MUTIA)  Yudi Irawan mengatakan menjadi mahasiswa adalah suatu perjuangan yang berat.

        "Namun kami punya semangat tinggi untuk mencapai cita-cita untuk meraih masa depan yang lebih baik," ujarnya.

        Menurut Yudi, mayoritas mahasiswa UT adalah pelaksana rumah tangga, pekerja pabrik dan penjaga toko. Mereka memiliki sedikit waktu untuk membaca dan mempelajari materi-materi yang diterima dari UT.

        John mengatakan kerjasama KBRI Athena dengan UT telah berlangsung lebih dari dua tahun.

        Jadwal ujian, materi soal dan lembar jawaban dipersiapkan dan disampaikan UT. Pelaksanaan UAS dipercayakan kepada KBRI Athena. Lembar jawaban berikut berita acara pelaksanaan UAS disampaikan ke UT satu hari setelah UAS.

        "Kawan-kawan mahasiswa UT telah mengikuti ujian dengan sangat baik, serius dan penuh semangat. KBRI senantiasa akan memberikan dukungan untuk kesuksesan studi mereka," kata John. ***3***
(Tz.ZG/B/M016)


(T.H-ZG/B/M. Anthoni/B/M. Anthoni) 14-05-2014 05:27:51

Tidak ada komentar: