Kamis, 17 November 2016

BALI BARU

KEMENPAR PROMOSIKAN "10 BALI BARU" DI LONDON
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 10/11 (Antara) - Kementerian Pariwisata Indonesia mempromosikan 10 destinasi baru selain Bali atau disebut "10 Bali Baru," dengan memasang iklan di empat bus tingkat dan 400 taksi di London, Inggris.
         Kemenpar  juga menjadi sponsor pendaftaran dan memasang iklan  "Wonderful Indonesia" (Pesona Indonesoa) di komplek gedung ExCel yang menjadi tempat penyelenggaraan World Travel Market  (WTM) di  London pada 7-9 November 2016.
         Kepada Antara London, Menteri Pariwisata Arief Yaya, Kamis mengatakan dalam mempromosikan 10 Bali Baru, ada tiga besar bursa pasar pariwisata yang harus diikuti yakni WTM London dan ITB Berlin-Jerman, juga CITM Shanghai-Tiongkok.
        "ITB dan WTM itu bursa pasar pariwisata terbesar pertama dan kedua di dunia. Sedang CITM itu pasar utama wisman dan sudah diproyeksikan 10 juta di 2019," katanya.
         Arief menjelaskan 10 Bali Baru itu adalah Danau Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jatim, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maluku Utara.
        Promosi wisata yang dilakukan Kementerian Pariwisata dengan membuat Paviliun Wonderful Indonesia di WTM berada di zona Asia, 
mengusung tema kapal Pinisi menonjol di antara 182 partisipan dari negara lain di seluruh dunia.
        Didukung  lebih dari 50 industri pariwisata, Paviliun Indonesia menyediakan pojok kafe (coffee corner) dengan aneka minuman tradisional seperti wedang jahe (minuman jahe), wedang uwuh (minuman isi rempah-rempah) dan kopi  yang menjadi favorit.
        Arief Yahya saat tiba di ExCel London mencoba menaiki taksi yang mempromosikan  branding Wonderful Indonesia dengan ditemani Duta Besar RI di London Rizal Sukma, Deputi Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana, dan beberapa pelaku industri.
        Taksi yang dinaiki adalah "black cab" yang legendaris di ibu kota Great Britania itu.
        "Tahun lalu ada 200 'black cab' taxi yang kami branding. Tahun ini ada 400 taxi yang keliling London dengan bungkus Wonderful Indonesia. Juga ada beberapa bus double decker wisata keliling London yang kami branding," ujar Arief Yahya.
         Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata Nia Niscaya mengatakan kementerian mentargetkan kenaikan transaksi sebesar 10 persen  dari tahun lalu.
        Ia mengatakan pihaknya membuat paket-paket baru yang menarik, di Joglosemar, lalu Coral Wonders segitiga emas Indonesia, Raja Ampat, Wakatobi dan Bunaken Manado, juga Kepri, Danau Toba, Blue Fire Crater Banyuwangi, dan lainnya yang dulu sudah dikenal di Eropa.
    ***1*** 
(T.H-ZG/C/Santoso/Santoso) 10-11-2016 05:35:57
end

Tidak ada komentar: