Selasa, 29 November 2016

RAMAYANA

Sendratari Ramayana Prambanan akan tampil di London
Sabtu, 26 November 2016 17:30 WIB - 2.675 Views
Pewarta: Zeynita Gibbons

London (ANTARA News) - KBRI London mengelar acara bertajuk "An Evening in Wonderful Indonesia" dengan menampilkan grup Sendratari Ramayana Prambanan yang didatangkan langsung dari situs Candi Prambanan yang sebelumnya berhasil memukau 400 penonton pada pagelaran di kantor pusat UNESCO di Paris, Perancis, Selasa lalu.

Pagelaran Sendratari Ramayana Prambanan yang akan digelar di Canada Water Culture Space, Surrey Quays Road, London, Minggu juga tampil pesilat Inggris dari komunitas Silek Harimau Minangkabau UK dalam pagelaran bertajuk "An Evening in Wonderful Indonesia".

Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI London, Dethi Silvidah Gani kepada Antara London, Sabtu mengatakan tiket menyaksikan pertunjukan yang diperoleh dengan mendaftar di eventbrite laris manis diserbu masyarakat Inggris yang ingin menyaksikan pertunjukkan.

Dikatakannya tiket masuk untuk menyaksikan acara yang bersifat gratis dan terbuka untuk umum ini, habis diserbu pecinta Indonesia di London dalam waktu dua hari.

Pada acara yang diadakan KBRI London menampilkan penari di bawah binaan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko dalam rangka mempromosikan Indonesia di Inggris melalui pertunjukkan seni budaya bertepatan dengan perayaan 25 tahun penobatan Candi Borobudur dan Candi Prambanan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Dubes RI London, Dr. Rizal Sukma menyatakan pagelaran seni budaya Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik Inggris akan nilai luhur budaya bangsa dalam rangka mendukung langkah Pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata, mempromosikan destinasi pariwisata baru dan unggulan di Indonesia .

Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan spiritual Buddha terbesar di dunia sementara Candi Prambanan merupakan salah satu bangunan spiritual Hindu tertinggi di dunia, yang keduanya telah diakui secara internasional sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia UNESCO sejak tahun 1991.

Selain sebagai bangunan spiritual, Candi Borobudur dan Prambanan merupakan bagian penting dalam sejarah masyarakat Indonesia sekaligus menjadi salah satudaya tarik wisata utama di Indonesia. Saat ini, Candi Borobudur termasuk ke dalam 10 destinasi pariwisata prioritas yang dipromosikan di Indonesia.

Sementara itu penggiat pencak silat di Inggris mengawali pertunjukkan dengan pertunjukan silat dari anak didik Edwel Yusri Datuak Rajo Gampo Alam (Datuak Edwel) yang mengembangkan jurus-jurus Silat Harimau Minangkabau di pedalaman hutan Sumatera. Melengkapi rangkaian promosi Indonesia di London, akan diadakan resepsi yang menyajikan aneka penganan ringan khas Indonesia guna memberikan citarasa yang sempurna pada malam "Wonderful Indonesia" di London, demikian Dethi Silvidah Gani.
Editor: Tasrief Tarmizi

Tidak ada komentar: