Selasa, 29 November 2016

KANADA

WNI DI KANADA DIAJAK DUKUNG DIPLOMASI EKONOMI
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 26/11 (Antara)- Dubes RI  untuk Kanada Dr. Teuku Faizasyah mengajak masyarakat Indonesia dan ormas yang ada di Calgary seperti "Canadian Indonesia Social Club (CISC)"  dapat berperan aktif dalam peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Kanada.
          Hal itu disampaikan Dubes Dr. Teuku Faizasyah dalam pertemuan dengan 150 orang masyarakat Indonesia di Kanada, kata Konsul Konjen KJRI Vancouver, Yudhono Irawan kepada Antara London, Sabtu.     
      Pertemuan Dubes Teuku Faizasyah dan Ny Andis Faizasyah dengan masyarakat Indonesia di Calgary berlangsung di Triwood Community Center, di sela-sela kunjungan kerja Dubes yang hadir dalam forum bisnis "Indonesia-Alberta Business Forum".
          Forum bisnis diadakan di Calgary, atas inisiatif KJRI Vancouver bekerjasama dengan Alberta Ministry of Development and Trade, selama dua hari  23-24 November 2016.
           Dubes mengharapkan CISC, dapat menciptakan program serta memupuk kerukunan. "Saudara-saudara adalah "duta-duta"  memperkenalkan wajah dan budaya Indonesia kepada masyarakat Kanada dan juga membantu  Pemerintah Indonesia dengan melakukan diplomasi ekonomi," ujar Dubes Faizasyah.
           Dia mengingatkan masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kerukunan dan memberikan kesan terbaik sebagai orang Indonesia di luar negeri.
         Masyarakat Indonesia menyambut baik himbauan Dubes dan mengatakan sebagian besar warga Indonesia di Calgary adalah profesional bisnis migas, dan ingin membantu diplomasi ekonomi Indonesia.
         Dengan pengalaman kerja dalam industri minyak dan gas, masyarakat menyatakan kesediaan mereka untuk membantu mendorong perusahaan tempat mereka bekerja untuk berinvestasi ke Indonesia.   Calgary adalah kota pusat industri perminyakan dan gas di Kanada.
           Sebagian besar produsen minyak Kanada berkantor di kota ini, karena sekitar 40% dari cadangan minyak Kanada  atau sekitar 172 miliar barel  terletak di Provinsi Alberta. Dengan sekitar satu juta penduduk, pendapatan per kapita orang Calgary mencapai sekitar US$ 74 ribu, jauh di atas masyarakat Kanada pada umumnya (US$ 52 ribu).
            Sementara itu Konjen RI Vancouver, Sri Wiludjeng, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Indonesia dan berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada di Calgary yang tergabung  Canadian Indonesia Social Club (CISC),  telah berperan aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan di Calgary .   
      Konjen menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi lapor diri online yang telah dikembangkan KJRI Vancouver dalam  upaya memfasilitasi masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan.
            Acara perkenalan Dubes dengan masyarakat Indonesia berlangsung dalam suasana keakraban dan kekeluargaan dengan hiburan penampilan Tari Topeng Subrada, foto bersama, dan diakhiri santap malam serta ramah tamah.
    ***4***
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 26-11-2016 05:08:13

Tidak ada komentar: