Kamis, 17 November 2016

MEKSIKO

DIASPORA DI MEKSIKO PERINGATI SUMPAH PEMUDA
     Zeynita Gibbons
   London, 1/11 (Antara) -  Masyarakat Indonesia yang menetap di Mexico City, Mexico, (diaspora Indonesia) bersama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) setempat menggelar dialog dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda.  
   Dialog kepemudaan bertema "Pemuda Indonesia Menatap Dunia" yang digelar di KBRI Mexico City diikuti sekitar delapan puluh diaspora Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Diaspora Network  Chapter Mexico (IDN-Meksiko).
        Pensosbud KBRI Meksiko Febby Fahrani kepada Antara London, Selasa, mengatakan dialog diadakan untuk menumbuh kembangkan dan memperkokoh karakter dan jati diri pemuda Indonesia.  
   Dialog Kepemudaan dimoderatori Rendra Kusumanegara dari KBRI dengan pembicara Alfreddy Hutabarat dan Heri Heriati, diaspora yang berasal kalangan pekerja profesional dan dari kalangan civitas academica.
        Dubes RI di Meksiko Yusra Khan membuka dialog yang terselenggara di KBRI. "Dengan berpedoman pada nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan, peringatan ini dapat dimaknai sebagai mengkapitalisasi setiap generasi muda Indonesia untuk memenangi pertarungan masa depan sekaligus mewujudkan mimpi Indonesia menjadi negara berdaulat, adil, dan makmur," kata Dubes Yusra.
        Dalam dialog, keduanya mengajak dan mendorong generasi muda untuk memiliki integritas tinggi, keahlian dan intelektual yang mumpuni, serta karakter kepemimpinan yang profesional untuk memenangkan persaingan global.
        Disampaikankanya untuk memenangkan persaingan pasar kerja global, pemuda Indonesia harus kreatif, produktif, berkarakter, dan berdaya saing, serta memiliki kemampuan untuk memperluas dan membina jejaring persahabatan dan kerja sama.
        Paparan kedua diaspora mendapatkan sambutan dari peserta. Beberapa peserta memberikan masukan guna menjawab tantangan masa kini yang dihadapi pemuda, khususnya mereka yang tinggal di luar negeri, untuk mengisi kemerdekaan, mempertahankan semangat Sumpah Pemuda, dan memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional Indonesia di mana saja mereka berada.
        Momentum peringatan Sumpah Pemuda yang ke-88 ini sekaligus menjadi ajang silaturami masyarakat Indonesia untuk memperkenalkan pejabat dan staf KBRI yang baru tiba di Mexico City. (ZG)***2****
(T.H-ZG/B/M.A. Iskandar/M.A. Iskandar) 01-11-2016 19:26:12

Tidak ada komentar: