Kamis, 14 September 2017

MOSKOW

PELAJAR JAKARTA RAIH PENGHARGAAN OLIMPIADE IPTEK MOSKOW  
          Oleh Zeynita Gibbons

    London, 10/9 (Antara) - Tim Pelajar DKI Jakarta berhasil meraih tempat terbaik ketiga dalam "the 2nd International Olympiad of Metropolises" di Moskow 4-9 September 2017.
         Sekretaris Pertama Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Minggu mengatakan Tim Pelajar DKI Jakarta menempati posisi ketiga bersama peserta dari  Istanbul, Budapest, Zagreb, Chengdu, Leipzig dan Riga.
         Posisi pertama diraih Moskow, Hong Kong dan Shanghai. Sedangkan posisi kedua ditempati St. Petersburg, Krakow, Minsk, Sofia dan Belgrade.
          Ketua tim sekaligus pendamping Tim Pelajar DKI Jakarta Muhamad Husin, saat bertemu Dubes Federasi Rusia untuk Indonesia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi di Moskow, Sabtu (9/9) mengatakan banyak pengalaman berharga diperoleh para pelajar.
          "Mereka dapat berfikir kritis, seperti keberanian berdebat dengan juri saat moderasi karena nilai yang diberikan dianggap keliru. Selain itu, makna olimpiade sangat menarik, yaitu setiap peserta bukanlah musuh, tetapi teman di masa depan," ujarnya.
           Dubes Wahid menyampaikan kehadiran Tim Pelajar DKI Jakarta tidak hanya membawa nama baik Jakarta, tertapi juga  Indonesia. "Apa yang dilakukan pelajar juga bagian dari diplomasi, karena diplomasi tidak hanya dilakukan  diplomat," ujarnya.
            Hubungan dan kerja samaJakarta dan Moskow berjalan baik, tidak hanya antara Istana Merdeka dengan Kremlin, tetapi juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Kota Moskow, karena Jakarta dan Moskow telah memiliki kerja sama antar provinsi (sister province).
           Pada awal Agustus 2017 lalu dalam kunjungan ke Moskow, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Walikota Moskow Sergey Sobyanin menandatangani Memorandum Kerja Sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Kota Moskow Periode 2017-2019.  
      Tim Pelajar DKI Jakarta terdiri dari delapan orang peserta  berasal dari SMAK 5 BPK Penabur, SMA Negeri 8, SMANU MH Thamrin, SMA Kolese Kanisius dan SMA Santa Ursula.
           Dalam kompetisi itu tim pelajar Indonesia mendapat 2 perak dan 6 perunggu. Medali perak dipersembahkan Jason Jovi Brata untuk katagori Fisika dan Rendy Wijaya untuk Kimia.
           Sementara medali perunggu dipersembahkan Prawira Satya Darma (Fisika), Filbert Fedinand dan Kristoforus Jason (Matematika), Muhammad Ariqsyah Indra (Kimia), Inigo Ramli dan Rania Rusdy (Informatika).
           Olimpiade Iptek Moskow diikuti 400 peserta dari 36 kota di dunia, 26 negara di Eropa, Asia, Afrika dan Amerika Latin. 
DKI Jakarta satu-satunya wakil dari Asia Tenggara. 
***4***

(T.H-ZG/C/R. Utami/R. Utami) 10-09-2017 16:34:15


Tidak ada komentar: