Kamis, 14 September 2017

PRINTIS

INDONESIA BERI PENGHARGAAN KEPADA TIGA PERINTIS GAMELAN DI UK 
     Zeynita Gibbons

     London, 11/9 (Antara) - Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Kemdikbud memberikan penghargaan kepada tiga pelopor gamelan di Inggris yaitu Alec Roth, Neill Sorrell, dan Anne Hunt dalam acara puncak  International Gamelan Festival (IGF) 2017  di Cadogan Hall London, Minggu malam.
         Penghargaan dari Pemerintah Indonesia itu diserahkan Dirjen Kebudayaan Dr Hilmar Farid mewakili Kemdikbud dan Dubes RI di London, Rizal Sukma kepada tiga perintis musik gamelan di Inggris dan sekaligus Launching Home Coming Gamelan Festival di Solo tahun 2018.
         Anne Hunt kepada Antara London, mengatakan bahwa ia terharu dan tidak pernah menyangka usahanya selama ini mempopulerkan musik gamelan di Inggris mendapat penghargaan.
         "Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya pribadi mendapat penghargaan atas apa yang pernah saya lakukan," ujar Anne Hunt yang berharap bisa kembali ke Indonesia membawa kembali kenangannya akan musil gamelan.
         Sementara Neill Sorrell, etnomusikolog yang pernah belajar gamelan di Universitas Wesleyan mengatakan bahwa ibarat bibit bunga yang mereka tanam kini bunga sudah tumbuh dan makin banyak bunga yang ada di taman itulah musik gamelan yang terus berkembang di Inggris.
          Neil sebagai  pengajar musik di York University mendorong universitas untuk membeli gamelan namun diakuinya proses cukup lama dan hampir memakan waktu delapan tahun.    
      Neill terlibat di banyak kegiatan saat awal-awal gamelan ada di UK seperti Durham Oriental Music Festival & English Gamelan Orchestra, mempelajari musik sebagai living tradition yang selalu berubah dan berkembang.
         Selain bermusik, Neill banyak menulis buku dan artikel serta  komposisi gamelan.  Dengan banyaknya gamelan beserta  pengajarnya, dia berharap musisi Indonesia bisa lebih banyak tampil di Inggris Raya.
          Anne Hunt, wanita paruh bayah yang di era komunikasi, teknologi, dan transportasi umum, sangat sulit dibayangkan  ia membawa tur musisi dan penari Jawa untuk keliling UK dan Eropa dengan  perangkat gamelan berada belakang mobil van.     
      Anne diawal tahun 70'an adalah pelopornya dalam hal ini perannya membawa budaya lain yang berbeda tidak bisa dianggap remeh.
           Sementara  Alec Roth, saat gamelan SouthBank dibuka tahun 1987/88,  Alec yang memberi akses bagi publik untuk belajar gamelan.
           Programnya membuka kelas malam, workshop dan pelatihan gamelan di sekolah dan kelas anak-anak di akhir pekan merupakan terobosan yang patut dihargai dalam memperkenalkan gamelan di UK.
          Alec juga yang mengajak guru untuk membeli gamelan dan membuka program gamelan di sekolah-sekolah di Inggris. Alec adalah  pendiri gamelan South Bank tahun 1987 salah satu grup gamelan di Eropa yang hingga ini keberadaanya masih diakui dunia.
   
  Pujian pemerintah
      Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid kepada Antara mengatakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada perintis gamelan di Inggris adalah dalam upaya memberikan penghargaan pemerintah khususnya dari Dirjen Kebudayaan kepada mereka yang berhasil mengembangkan musik gamelan di Inggris.
          Ibarat taman bunga diharapkannya dengan digelarnya Internasional Festival Gamelan maka bunga yang ada di taman maka musik gamelan di Inggris semakin tumbuh dan berkembang, ujarnya
    Para penerima penghargaan dari Inggris akan diundang untuk menghadiri Internasional Festival Gamelan yang akan diadakan di Solo tahun 2018 mendatang.
          Gamelan bukan lagi taraf memperkenalkan ke masyarakat dunia, karena gamelan sebenarnya sudah mendunia sejak 1889, . Ketika  itu, di Paris World Fair, gamelan menghipnotis penonton dunia, termasuk komposer Debussy.
          Kini, di era milenial , gamelan tumbuh dan menyebar ke banyak institusi pendidikan dan komunitas seni, museum dan galeri dunia. Gamelan  menjadi alat ekspresi bagi berbagai seniman dunia. Setelah Prancis, gamelan hadir beserta komunitasnya di Inggris, Belanda, Jerman dan Eropa lainnya, bahkan ke Amerika, tak terkecuali negara Asia, seperti Jepang. Tercatat, setidaknya 200-an komunitas telah hadir di Amerika dan di Inggris 158 komunitas.

           Kasubdit diplomasi budaya luar negeri direktorat warisan dan diplomasi budaya Kemdikbud Ahmad Mahendra mengatakan Gamelan di Inggris sudah terdokumentasi oleh Stamford Raffles (1781-1826) yang memberikan satu deskripsi gamelan paling awal dalam The History of Java (1817). Raffles orang Inggris pertama yang membawa dua ansambel gamelan ke Inggris. Satu set dapat ditemukan di Claydon House di London, sedangkan British Museum menyimpan koleksi instrumen gamelan sejak tahun 1859. ****4****

zg/b/a011
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 11-09-2017 08:45:

Tidak ada komentar: