Kamis, 28 September 2017

RUSIA

INRTU INGIN KERJA SAMA UNIVERSITAS DI INDONESIA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 13/9 (Antara) - Irkutsk National Research Techical University (INRTU), perguruan tinggi teknik terkemuka di Rusia yang terlibat penelitian dan pembuatan sejumlah komponen pesawat terbang sipil Rusia MC-21 dan pesawat tempur Sukhoi, ingin bekerja sama perguruan tinggi Indonesia.
         Harapan itu disampaikan Rektor INRTU Mikhail Korniakov saat bertemu Dubes RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M. Wahid Supriyadi yang mengadakan kunjungan ke kota Irkutsk Rusia.
         Sekretaris Pertama Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Rabu mengatakan, dalam kunjungan di Irkutsk selama dua hari pada Senin dan Selasa (11-12/9) Dubes  memberikan kuliah umum di depan mahasiswa dan dosen INRTU mengenai perkembangan hubungan Indonesia-Rusia dan prospeknya.
         Saat ini terdapat delapan mahasiswa Indonesia belajar di Universitas tersebut dan semuanya mengambil jurusan oil and gas engineering. Untuk itu Rektor mengharapkan adanya lebih banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di INRTU.
         Selama di Irkutsk, Dubes Wahid sempat mengunjungi satu-satunya masjid di kota tersebut dan mengadakan pembicaraan dengan Imam Masjid (Mufti) Farid Hazrat Mingaleyev. Provinsi Irkutsk yang memiliki salah satu danau terbesar dan terkenal di dunia, Danau Baikal, masuk dalam zona ekonomi Siberia Timur. Wilayah yang dilalui jalur Trans Siberia ini memiliki banyak industri yang tidak hanya menopang perekonomian Provinsi Irkutsk dan sekitarnya, tetapi juga Rusia pada umumnya.
         Potensi kerja sama industri dengan  Provinsi Irkutsk antara lain bidang pertanian, pertambangan, termasuk migas, emas dan batu-batu alam berharga, pengolahan kayu, dan industri penerbangan.

         Potensi wisatawan dari Provinsi Irkutsk cukup besar bagi Indonesia. Tidak sedikit warga Provinsi Irkutsk yang berkunjung ke Asia Tenggara, khususnya Thailand dan Vietnam karena sudah ada penerbangan reguler langsung dari Irkutsk ke negara tersebut. Adanya penerbangan charter dari Irkutsk diyakini dapat meningkatkan arus wisatawan Rusia ke Indonesia. (ZG) ***3***
(T.H-ZG/C/T. Susilo/T. Susilo) 14-09-2017 00:04:47

Tidak ada komentar: