Kamis, 28 September 2017

NAMIBIA

TENUN INDONESIA TARIK PERHATIAN PUBLIK DI NAMIBIA 
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 18/9 (Antara) - Busana berbahan tenun dari sejumlah daerah di Indonesia menarik perhatian publik dalam acara Charity Gala Dinner ADS yang diselenggarakan di Namibia.
         Pejabat Penerangan Sosial Budaya KBRI Windhoek, Miranto Suwandi, kepada Antara London, Senin, mengatakan KBRI Windhoek ikut memeriahkan Charity Gala Dinner yang diadakan Asosiasi Istri Diplomat di Namibia (Association of Diplomatic Spouses/ADS) bertempat di Safari Hotel Convention Center-Windhoek.
         "Dengan menampilkan peragaan busana tenun," katanya.
         Karya busana yang diperagakan dalam acara itu berbahan kain tenun Ikat dari Pulau Timor bagian barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, kain tenung Songket dari Palembang, Sumatera Selatan, kain tenun Rangrang dari Nusa Penida, Bali.
         Ia menjelaskan dalam peragaan busana tersebut ditampilkan tiga jenis kain tenun koleksi Kumala S. Basuki, isteri Dubes RI untuk Namibia merangkap Anggoa, Eddy Basuki,
    Sejumlah peragawati amatir memeragakan busana tersebut, antara lain P.F. Protkons, Paulina Gupta Wijaya, Riri Beslip, dan Lia Herawan, Kumala S. Basuki, dan beberapa anggota ADS dari Indonesia.
         Mereka, katanya, memanfaatkan acara itu untuk mengenalkan kekayaan budaya Indonesia, terutama menyangkut kain tradisional.
         Ia menyebut khalayak di Namibia tertarik dengan karya busana Indonesia berbahan tenun tradisional tersebut.
         Selain penampilan kain tenun Indonesia, dalam Charity Gala Dinner juga dimeriahkan dengan peragaan busana dari negara lain, yaitu India, Ghana, Kenya, Malaysia, Jepang, Nigeria, dan Angola, serta penampilan penyanyi kenamaan Namibia, Bongani.

         Charity Gala Dinner ADS dihadiri sekitar 300 undangan, termasuk
Ms. Kiki Gbeho (Residen Koordinator Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Namibia) sebagai tamu kehormatan, pengurus ADS, kalangan korps diplomatik, media massa, dan masyaraka Namibia.    
    Kali ini hasil penggalangan dana ADS akan difokuskan kepada kesejahteraan anak melalui pemberian bantuan dana pembangunan gedung kepada Mammadu Trust yang merupakan pusat peduli anak di Otjomuise, Windhoek. ***4***

(T.H-ZG/B/M.H. Atmoko/M.H. Atmoko) 18-09-2017 23:47:18

Tidak ada komentar: