Selasa, 05 Desember 2017

MENHUB

MENHUB GALANG DUKUNGAN INDONESIA ANGGOTA DEWAN IMO
          Oleh Zeynita Gibbons


    London  29/11 (Antara) - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan mitra sejawatnya dari bberapa negara untuk membahas kerja sama kematiriman sekaligus menggalang dukungan untuk pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) kategori C periode 2018-2019.
         Sejumlah pertemuan bilateral dilakukan Menhub di sela-sela Sidang Assembly ke-30 IMO  di Kantor Pusat IMO di London pada 27 November hingga Desember 2017.
    Selama pelaksanaan sidang, Menhub Budi Karya Sumadi bertemu Menteri transportasi dan Komunikasi Finlandia dan Menteri Transportasi Singapura, 
    "Saya bertemu Menteri Transportasi dan Komunikasi Finlandia, Anne Berner dan Finlandia mendukung Indonesia menjadi anggota Dewan IMO Kategori C," ujar Menhub Budi, seperti disampaikan Kepala bagian Organisasi dan Humas  Ditjen Perhubungan Laut Lollan A.S Panjaitan kepada Antara London, Rabu.
         Menhub menyebutkan pada kesempatan tersebut, Finlandia menawarkan kerja sama bidang penurunan emisi di sektor transportasi laut dan digitalisasi pengoperasian peralatan serta manajemen pelabuhan agar lebih efisien.
         "Finlandia, negara maju yang memiliki kemampuan dalam pengembangan teknologi tranportasi khususnya untuk kenavigasian dan kepelabuhanan. Oleh karenanya, tawaran tersebut akan kami pelajari serta bila membawa manfaat untuk kepentingan bangsa dan negara, tidak tertutup untuk menjalin kerjasama kedepannya," ujarnya.
          Selain itu Menhub juga bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura, Khaw Boon Wan yang membahas  bidang transportasi khususnya laut.
          Indonesia dan Singapura merupakan dua negara yang sama-sama mencalonkan diri untuk anggota Dewan IMO kategori C. "Indonesia dan Singapura saling dukung dalam pemilihan anggota Dewan IMO Kategori C yang akan berlangsung pada 1 Desember 2017 nanti," ujar Menhub.
         Dalam  pertemuan bilateral Menhub didampingi  Dubes RI di London, Rizal Sukma, Staf Khusus Menteri Perhubungan bidang Hubungan Internasional,  Dewa Made J. Sastrawan, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo dan Atase Perhubungan RI untuk London, Simson Sinaga.
         Indonesia melalui Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut selaku administrator maritim dan focal point di International Maritime Organization (IMO) kembali mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C Periode 2018-2019.
         Anggota Dewan IMO kategori ¿C¿ merupakan negara yang mempunyai kepentingan khusus dalam angkutan laut dan mencerminkan pembagian perwakilan yang adil secara geografis yaitu Australia, Bahama, Belgia, Chili, Cyprus, Denmark, Mesir, Indonesia, Kenya, Liberia, Malaysia, Malta, Mexico, Moroko, Peru, Philipina, Singapura, Afrika Selatan, Thailand dan Turki.

    ***1**
(T.H-ZG/B/R. Utami/R. Utami) 29-11-2017 19:46:08

Tidak ada komentar: