Kamis, 17 Mei 2018

CANNES

FILM ¿EVERYBODY KNOWN¿ DIBINTANGI PENELOPE CRUZ BUKA FESTIVAL FILM CANNES

Zeynita Gibbons


   Cannes,7/5 (Antara) -Film Thriller psikologis, yang dibintangi suami istri, Javier Bardem dan Penelope Cruz, berjudul ¿Everybody Knows,¿ karya sutradara Asghar Farhadi menjadi film membuka pada Festival Film Cannes yang digelar di Palais des Festivals et des Congrès, di Cannes, Prancis  berlangsung dari tanggal 8 hingga 19 Mei mendatang.
         Festival film  diadakan di kota peristirahatan di Cannes yang digelar untuk ke-71  dimulai Selasa (8/5) dengan film  ¿Everybody Knows¿ yang merupakan film berbahasa Spanyol kedua membuka festival  'Bad Education' Pedro Almodovar, membuka Festival Film Cannes pada 2004 lalu.
           Sebanyak 20 film dari berbagai negara yang mengikuti Festival Film Cannes yang akan bersaing di seksi kompetisi utama untuk memperebutkan Piala Palem Emas (Palme d'Or) demikian keterangan yang diperoleh dari  festival film Cannes yang diterima Antara London, Senin.
          Ke-20 film yang akan ditayangkan dan diputar untuk para undangan dan wartawan dari mancanegara adalah film
Ash Is Purest White (Jia Zhang-Ke), At War (Stéphane Brizé), BlacKkKlansman (Spike Lee), Burning (Lee Chang-dong), Capernaum (Nadine Labaki), Cold War (Pawel Pawlikowski), Dogman (Matteo Garrone), Girls of the Sun (Eva Husson), The Image Book (Jean-Luc Godard),
Lazzaro Felice (Alice Rohrwacher), Leto AKA Summer (Kirill Serebrennikov),Netemo Sametemo AKA Asako I & II (Ryusuke Hamaguchi), Shoplifters
(Kore-Eda Hirokazu), Sorry Angel (Christophe Honoré), Three Faces (JafarPanahi), Under the Silver Lake (David Robert Mitchell)  dan film Yomeddine (A.B.Shawky)
    Sementara film yang bersaing untuk kategori Un Certain Regard adalah film Angel Face (Vanessa Filho), Border (Ali Abbasi),  El Angel (Luis Ortega), Euphoria (Valeria Golino), Friend (Wanuri Kahiu), The Gentle Indifference of the World (Adilkhan Yerzhanov), Girl (Lukas Dhont), The Harvesters (Etienne Kallos),  In My Room (Ulrich Köhler),Little Tickles (Andréa Bescond & Eric Métayer)My Favorite Fabric (Gaya Jiji), Sextape (Antoine Desrosières) dan film 
Sofia (Meyem Benm Barek)
    Sebanyak 20 film yang akan bersaing untuk meraih penghargaan bergengsi Palme d'Or, yang ditayangkan dalam 
review yang dihadiri para  undangan dan wartawan yang datang dari mancanegara.
         Dalam festival film Cannes kali ini juga akan memberikan penghargaan Un Certain Regard, yang sangat dinanti-nantikan, karena penghargaan ini diberikan kepada sutradara  muda berbakat dan inovatif dari seluruh dunia. Dalam festival film Cannes juga diberikan beberapa penghargaan lainnya, termasuk Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, dan Aktris Terbaik - mereka dipilih oleh juri dari film yang bersaing untuk Palme d'Or dan Un Certain Regard yang tahun ini diketuai dewan juri Cate Blanchett seorang artis dan juga produser film asal Australia.
         Disutradarai oleh Spike Lee dan diproduksi oleh Get Out's Jordan Peele, film BlacKkKlansman menceritakan kisah Ron Stallworth, petugas polisi Afrika-Amerika pertama Colorado Springs, yang pada tahun 1979 menyusup ke grup kanan-kanan, Ku Klux Klan. Alur cerita, berdasarkan peristiwa nyata, diterjemahkan ke dalam drama yang menegangkan, dengan John David Washington memerankan Ron.    

       Sementara itu film Le Livre d'Image, yang telah diterjemahkan ke The Image Book, adalah film terbaru  sutradara Prancis ternama Jean-Luc Godard yang mengerjakan proyek ini selama lebih dari dua tahun mengenai dunia Arab modern. Tidak ada aktor yang ditampilkan di Le Livre d'Image.(ZG)****4***

Tidak ada komentar: