Minggu, 08 Februari 2009

HOLIDAY WORLD PRAHA

PETUALANGAN LAUT MENARIK WISATAWAN DI HOLIDAY WORLD PRAHA

London, 8/2 (ANTARA) - Mengangkat tema Petualangan di Laut Indonesia, KBRI Praha tampil menarik pada Pameran Wisata Holiday World di Praha, Ceko yang berlangsungs ejak tanggal 5 Februari lalu.

Stand Indonesia yang bernuasa Bali dan laut itu dikunjungi calon wisatawan yang akan berpetualang menikmati indahnya Indonesia, demikian Sekretaris I Pensosbud KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, kepada koresponden ANTARA London, Minggu.

Dikatakannya Holiday World 2009 merupakan pameran wisata terbesar di Eropa Tengah yang diikuti 700 peserta dari 50 negara dan diperkirakan sekitar 30.000 pengunjung mendatangi pameran tahun ini.
Mereka yang datang tidak saja agen perjalanan wisata dan masyarakat umum di Ceko, tetapi juga berasal dari beberapa Negara tetangga seperti Jerman, Polandia, Slovakia, Hungaria bahkan dari Austria, ujarnya.

Menurut Azis Nurwahyudi, para peserta Holiday World ini pada umumnya agen perjalanan wisata dari berbagai Negara di Eropa dan sekarang, selain Indonesia, beberapa negara Asia yang ikut antara lain Cina, Thailand, India dan Jepang.

Tahun ini, KBRI Praha bekerja sama dengan Marintur Indonesia dan Kronen Bali Tour and Travel membagikan berbagai informasi wisata yang menarik di Indonesia.
KBRI Praha juga membagikan berbagai brosur wisata Indonesia dalam Bahasa Ceko disertai kamus ringkas percakapan Indonesia-Ceko yang banyak diminati para calon wisatawan.

Azis mengatakan selain itu dipertunjukkan juga berbagai tempat petualangan laut yang menarik melalui pemutaran film wisata yang ramai ditonton oleh pengunjung.

Petualangan di laut merupakan tema yang ditampilkan, karena wisata pantai dan laut ini sangat menarik bagi wisatawan Ceko yang tidak mempunyai keduanya. Oleh karena itu, mereka sangat tertarik untuk bermain ombak dan menyelam menikmati keindahan taman laut.

Beberapa pengunjung stand Indonesia pernah belibur ke Bali dan mereka ingin kembali menikmati keindahan pulau tersebut dengan mengajak teman atau keluarga, ujarnya.

Wisatwan dari Praha umumnya berada di Indonesia selama tiga minggu. Selain Bali, mereka juga ingin berkunjung ke Yogyakarta dan Lombok.

Selama pameran berlangsung pada umumnya pengunjung menanyakan kemudahan pengurusan visa dan penerbangan yang nyaman menuju Indonesia.

Staf KBRI Praha menjelaskan pertanyaan-pertanyaan tersebut dan membagikan informasi pengurusan visa di KBRI Praha atau kemungkinan pengambilan Visa on Arrival bagi pemegang paspor Ceko.

Stand Indonesia semakin memikat dengan disediakannya makanan kecil untuk dicicipi serta aneka souvenir dari Bali yang dijual masyarakat Indonesia di Ceko. Suvenir tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk lebih memikat mereka yang akan ke Indonesia, demikian Azis Nurwahyudi. ***2***
(T.H-ZG/B/A027/A027) 08-02-2009 23:28:04

Tidak ada komentar: