Selasa, 24 Februari 2009

PELUANG INVESTASI

KBRI OSLO JAJAKI PELUANG INVESTASI KOTA BERGEN NORWEGIA

London, 24/2 (ANTARA) - KBRI Oslo menjajaki peluang investasi dengan para pengusaha kota Bergen, Norwegia sebagai upaya untuk meningkatkan aliran dana investasi Norwegia ke Indonesia.


Untuk itu, KBRI Oslo dipimpin Kuasa Usaha Ad-Interim, Mansyur Pangeran melakukan kunjungan kerja kepada Walikota Bergen, Gunnar Bakke, demikian Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Oslo, Febby Fahrani kepada koresponden Antara London, Selasa.

Dikatakannya dalam pertemuan dengan pimpinan kota Bergen, kota terbesar kedua di Norwegia yang berpenduduk sekitar 243.960 jiwa, Mansyur Pangeran menyampaikan perkembangan positif yang terjadi di tanah air.

Mansyur Pangeran mengatakan, Indonesia merupakan negara demokrasi dengan komunitas muslim yang moderat terbesar yang kaya sumber alam antara lain geothermal, minyak dan gas, kemajuan industri perkapalan, perikanan, budaya dan pariwisata.

Dalam pertemuan dengan pimpinan kota Berger tersebut, Mansyur Pangeran menyatakan kesiapan Indonesia untuk berkolaborasi lebih intens dengan Kota Bergen.

Pertemuan tersebut membuahkan komitmen Pemerintah Kota Bergen untuk memulai eksplorasi kerjasama di bidang ship building, water management, minyak dan gas, tenaga kerja, budaya dan pariwisata.

Pada pertemuan tersebut, Walikota Gunnar Bakke menyinggung apakah ada kemungkinan Pemerintah Indonesia membuka kantor perwakilan seperti Konsulat Jenderal RI di wilayahnya.

Pertemuan dengan Walikota Bergen merupakan salah satu program kegiatan kunjungan kerja KBRI Oslo ke kota hujan Norwegia. Selain itu, Mansyur Pangeran juga melakukan pertemuan dengan Institute of Marine Research-Norwegia.

Menurut Febby Fahrani, pertemuan tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali kerjasama Indonesia - Norwegia di bidang perikanan dan kelautan.

Selama di Bergen, Mansyur Pangeran juga melakukan pertemuan dengan Perusahaan Perkapalan terbesar Kristian Gerhard Jebsen Skibsrederi AS guna menjajaki peningkatan kerjasama perkapalan, antara lain guna meningkatkan jumlah warga Indonesia yang dipekerjakan di perusahaan tersebut.

Dalam rangka meningkatkan kerjasama pendidikan Indonesia-Norwegia, KBRI Oslo juga melakukan pertemuan dengan institusi pendidikan non-formal "Go-Study" - Bergen, yang selama ini mengirimkan ratusan mahasiswa Norwegia belajar di Bali.

Pada program "2009 Spring Semester" mulai Februari hingga April lembaga Go-Study mengirim 86 mahasiswa Norwegia mengikuti program pra-universitas satu semester di pulau Bali.

Sementara untuk program musim gugur mendatang mulai September hingga Desember terdaftar sebanyak 176 mahasiswa akan belajar di Bali.

Selain itu, KBRI Oslo juga melakukan pertemuan dengan Universitas Bergen untuk menggali kolaborasi kerjasama pendidikan antara Universitas Bergen dengan Universitas di Indonesia, yang diharapkan akan semakin meninggikan intensitas pertukaran informasi serta pertukaran tenaga pengajar dan mahasiswa. ***5***
(U-ZG/
(T.H-ZG/B/M012/M012) 24-02-2009 16:54:44

Tidak ada komentar: