Selasa, 24 Februari 2009

PENGHARGAAN PERANCIS

FILM INDONESIA RAIH PENGHARGAAN DI PERANCIS

London, 24/2 (ANTARA) - Film Indonesia berjudul "3 Doa 3 Cinta" yang diterjemahkan dengan "3 Wishes 3 Loves", meraih penghargaan 'Grand Prize of the International Jury' pada International Festival of Asian Cinema Vesoul, Perancis, baru-baru ini.

Sutradara Nurman Hakim dan produser Nan Achnas kepada koresponden Antara London, Selasa, mengatakan, Festival International Asian Cinema Vesoul ke-15 ini merupakan ajang festival terbesar di Eropa yang khusus difokuskan pada film-film dari negara Asia.

Menurut Jean-Marc Therouanne, salah satu dari ketua festival itu, Asian Cinema Vesoul merupakan festival film Asia pertama dan tertua di Perancis, dan merupakan ranking ke 10 terbesar dari acara festival film di Perancis.

Dalam acara malam pemberian penghargaan, ketua juri Fatemeh Motamed-Arya menyerahkan penghargaan Grand Prize of the International Jury untuk film "3 Doa 3 Cinta" yang dibintangi Dian Sastro dan Nicolas Saputra.

Film ini dinilai berhasil menggunakan bahasa yang sederhana untuk mendeskripsikan situasi-situasi yang kompleks.
Salah satu juri dari India mengucapkan terima kasih atas film "3 Doa 3 Cinta", karena mengingatkan dia akan betapa pentingnya untuk menjaga kerukunan agama di dunia, dan untuk saling menghormati keyakinan yang berbeda.

Film Iran-Kazakh "A Gift to Stalin" yang disutradarai Roustem Abdrachev, meraih penghargaan "Cyclo Award", sedangkan penghargaan "Jury NETPAC" (Network for the Promotion of Asian Cinema) diberikan untuk film "The Route of the World" Fahdel Abbas karya bersama Irak dan Perancis.

Dalam acara Festival yang berlangsung selama seminggu pekan silam itu juga hadir sineas terkemuka Iran Mohsen Mahmalbaf yang film-filmnya diputar dalam retrospeksi khusus.(U-ZG)***5****
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 24-02-2009 22:27:43

Tidak ada komentar: