Senin, 18 April 2011

CALON HAJI INDONESIA

CALON HAJI INDONESIA DI INGGRIS IKUTI MANASIK

London, 18/4 (ANTARA) - Belasan calon jemaah haji Indonesia di London, Inggris, Minggu, mengikuti manasik dengan bimbingan Ustadzah Afrahul Fadhilah.

Afrahul Fadhilah yang juga Ketua Muslimat NU Inggris, manasik haji adalah latihan tata cara ibadah haji sebelum musim haji agar calon jemaah haji tidak bingung melakukan prosesi itu saat berada di Tanah Suci Mekkah bersama jutaan orang dari berbagai belahan dunia.

Ia mencontohkan dalam ihram masih banyak yang tidak memahami karena masih banyak calon jemaah haji yang bersolek atau memakai wewangian padahal dilarang, atau kaum pria masih banyak yang tidak memahami cara berpakaian.

"Ibadah haji menyangkut harta dan tubuh sedangkan sholat dan puasa hanya tubuh sedangkan zakat hanya harta," katanya.

Ia mengatakan sebelum calon jemaah haji berangkat ke Tanah Suci, harus banyak belajar dan berdiskusi dengan para pembimbing haji atau mereka yang telah berpengalaman.

Ia menegaskan ibadah haji adalah ibadah yang sangat membutuhkan perjuangan, kesabaran, serta keikhlasan, dan saling tolong menolong, serta saling mengingatkan sesama jamaah.

"Karena boleh jadi tidak sempurnanya ilmu yang dimiliki tentang ibadah haji ini sehingga pulang dari haji tidak ada perubahan pada dirinya.

Sementara itu mahasiswa pascasarjana Universitas Aston Birmingham Yulian Wihantoro yang akan menunaikan ibadah haji bersama keluarganya, mengatakan, yang lebih penting adalah apa yang harus dilakukan setelah melaksanakan ibadah haji.

Ia berharap seusai menjalankan ibadah haji akan bertambah lebih baik.

Meskipun pelaksanaan ibadah haji itu masih beberapa bulan namun dibutuhkan persiapan jasmani dan rohani, kata lulusan Manajemen dari Universitas Gadjah Mada itu.***6***
(T.H-ZG/C/B009/B009) 18-04-2011 11:20:06

Tidak ada komentar: