Senin, 18 April 2011

"KIBAR SPRING GATHERING"

KELUARGA ISLAM INDONESIA ADAKAN "KIBAR SPRING GATHERING"

Southampton, 18/4 (ANTARA) - Keluarga Islam Indonesia di Britania Raya (KIBAR) menggelar "KIBAR Spring Gathering 2011" di Masjid Jami Abu Bakr di Southampton, Hampshire, sekitar dua jam dari London, pada Sabtu-Minggu (16-17/4).

Ketua KIBAR Yosritzal mengatakan silaturahmi diikuti 250 peserta dari berbagai kawasan di Inggris.

Mahasiswa program doktoral di Universitas Newcastle itu mengatakan pertemuan pada musim semi itu merupakan kelanjutan dari pertemuan musim gugur (autumn gathering) pada November lalu, untuk membangkitkan peradaban Islam dengan penguatan keluarga.
"Kami ingin wacana membangkitkan peradaban Islam bergerak dari sekadar nostalgia masa lalu menjadi usaha berkelanjutan guna benar-terwujudnya kebangkitan Islam di masa yang akan datang," ujarnya.

Sementara Atase Pendidikan KBRI London Tb Fauzi Sulaiman yang membuka acara itu berharap pertemuan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Menurut Fauzi, KIBAR sebagai wadah Muslim Indonesia di Britania Raya dapat menjalin tali silaturahmi semua warga asal Indonesia.

Mantan Sekjen Dewan Muslim Britania Muhammad Abdul Bari menjadi pembicara dengan topik "Islam and Community Development" yang membahas peran serta umat Islam di dalam bermasyarakat.

Ia berharap Muslim Indonesia bisa menjadi contoh yang baik bagi lingkungannya, selain berintegrasi dengan masyarakat non-Muslim.

Menurut Abdul Bari, sebagai Muslim harus faham betul tentang ajaran Islam yang paling dasar yaitu rukun Islam, dengan demikian mudah untuk mengimplementasikan kepada masyarakat Inggris di mana pun berada.

Seperti halnya bertetangga, katanya, sebagai Muslim harus mempunyai hubungan baik dengan para tetangga non-Muslim.
Sementara itu Ust. Mohammad Hillal membahas "Sharing the message of Islam in a secular world".

Hillal yang juga cicit pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, mengutarakan beberapa isu kontemporer Islam di Indonesia dan Inggris.

Acara "KIBAR Spring Gathering 2011" ditutup dengan penampilan kreasi anak anak yang lucu dan bazaar kuliner.***6***
(T.H-ZG/C/B009/B009) 18-04-2011 11:53:10

Tidak ada komentar: