Rabu, 27 April 2011

PENCAK SILAT

SILAT-LOKA KARYA PENCAK SILAT DI WINA

London, 27/4 (ANTARA) - Sebanyak 55 peserta dari delapan kelompok pencak silat di Wina, Austria, mengikuti acara lokakarya pencak silat yang diadakan oleh persatuan kelompok pencak silat Wina, Austria, bekerja sama dengan KBRI Wina dan Museum fur Volkerkunde (Museum Etnologi) Wina, akhir pekan.
Koordinator acara yang juga merupakan ketua kelompok Pencak Silat Anak Harimau, Stefan Taibl, mengatakan acara semacam ini merupakan acara tahunan kelompok-kelompok pencak silat di Wina.

Sekretaris Tiga KBRI Wina Luna Amanda Sidqi dalam keterangannya yang diterima Antara London, Rabu, menyebutkan hal yang istimewa dari acara kali ini adalah banyaknya kelompok yang berpartisipasi dan tempat acara yang berlokasi di Museum Etnologi Wina.

Acara yang dikaitkan dengan pameran budaya Indonesia di Museum Etnologi Wina terbagi menjadi dua bagian.
Pada bagian pertama seluruh peserta yang dibagi dalam dua kelas mengikuti kelas jurus-jurus yang diajarkan oleh para anggota senior setiap kelompok silat.

Di bagian penutup acara, kelompok Panglipur, Aliran Bersatu, Silat Melayu Vienna, Harimurti, Bakti Negara, Seni Gayung Fatani, Anak Harimau berkesempatan mendemonstrasikan jurus-jurus andalannya masing-masing.

Lukas Edelmyer (17) dari Panglipur berpendapat acara semacam ini "cool" karena belum pernah ada pertemuan kelompok silat sebesar ini yang memberikan kesempatan pada pesertanya untuk dapat mempelajari jurus-jurus dari kelompok lain.

Hal sama yang dikemukakan juga oleh Kristina, rekan Lukas dari kelompok Panglipur yang telah belajar pencak silat selama tiga tahun.

Lukas yang mempelajari pencak silat sejak berumur tujuh tahun menyatakan bahwa ketertarikannya terhadap pencak silat karena pencak silat tidak hanya belajar bela diri tapi juga semacam kesenian.

Lukas pernah menjuarai pertandingan pencak silat se-Austria di tahun 2010 dan mendapatkan juara kedua di pertandingan tahun 2011.

Pencak silat yang berkembang di Austria memiliki berbagai aliran seperti aliran silat Minangkabau, Yogyakarta, Jawa Barat, Bali, Melayu, bahkan Patani Thailand.

Setiap awal musim semi di Austria diadakan pertandingan pencak silat se-Austria dengan menggunakan peraturan Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa) yang merupakan satu-satunya federasi pencak silat seluruh dunia.

(T.ZG)
(T.H-ZG/B/A008/A008) 27-04-2011 07:23:57

Tidak ada komentar: