Sabtu, 02 April 2011

UI JALIN KERJA SAMA

UI JALIN KERJA SAMA DENGAN UNIVERSITAS CEKO

London, 31/3 (ANTARA) - Universitas Indonesia menjalin kerja sama dengan dua universitas di Ceko dalam kegiatan pertukaran mahasiswa, pengajar, dan informasi ilmiah.
Keterangan pers dari KBRI Praha, Republik Ceko, yang diterima ANTARA London, Kamis, menyebutkan, tawaran tersebut disampaikan Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia Dr Hariyadi Wirawan saat berkunjung ke Ceko.

Kunjungan Dr Hariyadi Wirawan ke Praha sebagai bagian dari upaya sosialisasi keketuaan Indonesia untuk ASEAN tahun 2011 dalam rangka diseminasi informasi mengenai Politik Luar Negeri RI.

Selama di Praha, Dr Hariyadi Wirawan memberikan kuliah umum secara interaktif kepada mahasiswa Universitas Ekonomi Ceko (VSE) yang berhasil memikat 40 mahasiswa tingkat master Jurusan Ilmu Hubungan Internasional.

Dubes RI untuk Ceko, Emeria Siregar, menyebutkan bahwa kuliah umum itu ditujukan untuk memperkenalkan Indonesia kepada generasi muda Ceko, selain menginformasikan keketuaan Indonesia untuk ASEAN pada tahun 2011.

Ia menilai secara umum mahasiswa yang hadir mengenal Indonesia, namun belum memahami sepenuhnya, terlebih tentang ASEAN dan perkembangannya mewujudkan ASEAN Community tahun 2015.

Oleh karena itu dirasa penting memperkenalkan Indonesia dan ASEAN melalui berbagai kegiatan di Ceko, ujarnya.

Dalam paparannya, Dr Hariyadi Wirawan menjelaskan tentang politik luar negeri Indonesia, sejarah dan perkembangan ASEAN serta program yang akan dilakukan selama keketuaan Indonesia guna mencapai tujuan ASEAN Community 2015.

Dijelaskan pula berbagai tantangan yang harus dijawab oleh ASEAN terutama ketika dibawah kepemimpinan Indonesia tahun ini.

Dr Wirawan menjelaskan perkembangan East Asia Summit yang mulai menyertakan Rusia dan Amerika Serikat sebagai anggota baru tahun ini.

Antusiasme mahasiswa terlihat dari pertanyaan yang dilontarkan di antaranya isu penanggulangan terorisme, peran Indonesia dalam penyelesaian konflik internal dan masalah pendidikan di Indonesia.

Menjawab pertanyaan itu, Dr Wirawan menjelaskan, akar permasalahan dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah RI dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut.


Kerja sama
Kerja sama antara UI dan VSE, selain penyelenggaraan pertukaran mahasiswa dan pengajar, Wakil Dekan Faculty of Arts VSE, Dr Vaclav Kaspar, mengundang Dr Hariyadi Wirawan menjadi dosen tamu selama beberapa minggu di universitas tersebut.

Sementara itu Direktur Jan Masaryk Center for International Studies di VSE, Zuzana Lehmanova, mengundang kandidat Doktor untuk turut berpartisipasi pada konferensi yang mereka selenggarakan.

Selain itu, Universitas Indonesia juga menggandeng Universitas South Bohemia di Kota Ceske Budejovice untuk melakukan kerja sama antar universitas dengan kegiatan pertukaran mahasiswa, pengajar dan pertukaran informasi ilmiah.

Memorandum of Understanding antara kedua universitas tersebut diharapkan dapat segera ditandatangani.

Tawaran kerja sama itu disampaikan Rektor Universitas South Bohemia, Magdalena Hrabankova, dalam pertemuannya dengan Dubes RI Emeria Siregar dan Dr Hariyadi Wirawan.
Dubes Emeria Siregar menyebutkan selain menyosialisasikan di VSE, keketuaan Indonesia di ASEAN akan terus disosialisasikan di berbagai universitas, think tank dan berbagai kalangan lain di Ceko.

(ZG/C/A041)
(T.H-ZG/C/A041/A041) 31-03-2011 07:32:45

Tidak ada komentar: